Persemaian Permanen BPTH Lakukan Penyapihan Sengon

Banjarbaru, KP – Sebagai wadah produksi bibit tanaman, kegiatan pembuatan tanaman berupa penyapihan bibit sengon adalah hal lumrah di Persemaian Permanen UPTD BPTH, Jalan Mitra Praja, kawasan Pusat Perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru.


Dengan mengikuti panduan dan standar yang telah ditetapkan, Akhmad Effendi, manajer persemaian melakukan kontrol pada penyapihan bibit sengon yang dilakukan para kru lapangan. Karena, ketelitian para kru akan menghasilkan bibit yang bagus.


Dijelaskan Fendi, sapaan akrabnya, kegiatan awal penyapihan yaitu menyeleksi benih. Caranya dengan merendam di air panas selama 5-10 menit. kemudian benih yang timbul dan kosong saat perendaman akan disingkirkan.


“Setelah direndam dengan air panas, selanjutnya direndam lagi pada air yang bersuhu normal. Ini dilakukan selama kurang lebih 24 jam,” tutur Fendi.

Berita Lainnya

Pemko Gebrak Masker di Lapangan Murjani 

PKK Bagikan Masker dan Sosialisasi Prokes

1 dari 349
Loading...


Setelah melewati fase perendaman, dilanjutkan dengan penaburan benih-benih pada bedeng tabur. Dengan media pasir, benih kemudian disiram menggunakan handsprayer.


“Jangan lupa, bedeng tabur ditutup sungkup untuk menjaga kelembaban. Proses ini biasanya selama 4 sampai 7 hari ke depan, hingga benih berkecambah,” ujarnya.


Benih yang berkecambah menandakan siap untuk dilakukan kegiatan penyapihan.
Terakhir adalah tahapan penyapihan bibit atau fase awal bibit bertahan pada cuaca luar. Pada bedeng sapih atau polybag dibuat lubang kecil sebagai tempat bibit sapih ditanam.


“Bibit ini masih disapih, maka harus dinaungi paranet atau sungkup plastik, agar bibit kecil ini tidak langsung terpapar matahari ataupun air hujan secara langsung,” jelas Fendi lagi.


Biasanya setelah proses penyapihan bibit akan melewati berbagai macam perawatan lagi. Hingga tinggi dan umur bibit siap untuk ditanam.


Perawatan lain yang tak kalah penting dan menentukan, yaitu kegiatan penyiraman. Ini merupakan kegiatan rutin pagi dan sore hari. (adv/bpth/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya