Terima Kunjungan Wadanlanal Wabup HSS Bercerita Keistimewaan Proklamasi 17 Mei

Kandangan, KP – Wakil Bupati Syamsuri Arsyad menyambut kedatangan rombongan dari Kesatuan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin, yang dipimpin oleh Wadanlanal Banjarmasin Mayor Laut (P) Iwan Hendra selaku Perwira Pelaksana (Palaksa), Senin (18/5/2020) di ruang kerja nya.

Kedatangan rombongan Lanal Banjarmasin itu, dalam rangka silaturrahmi setelah sebelumnya melaksanakan aksi kegiatan sosial berupa ziarah makam dan tabur bunga, di Kompleks Taman Makam Pahlawan Pusara Bhakti Banua di Desa Batu Bini, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten HSS.

Ziarah dilaksanakan dalam rangka kegiatan Peringata HUT Proklamasi ALRI DIvisi IV Pertahanan Kalimantan Tahun 2020, yang tahun ini karena Pandemi Covid-19, tidak bisa dilaksanakan apel sebagaimana biasa di Tugu Mandapai.

Dalam bincang-bincang dengan Wadanlanal Banjarmasin itu, Syamsuri Arsyad menuturkan keistimewaan Kabupaten HSS yang notabene merupakan daerah sentral perjuangan rakyat Kalimantan.

“Proklamasi ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan memang sangat istimewa, karena ini sebagai perwujudan nasionalisme yang tinggi yang dimiliki rakyat Kalimantan terhadap NKRI,” klaim Syamsuri.

Berita Lainnya
1 dari 294
Loading...

Dia berujar, seandainya Kalimantan mau merdeka saat itu, sangat mudah. Namun proklamasi yang dikumandangkan oleh Brigjend H Hassan Basery kala itu, tetap mengedepankan rasa patriotisme dan nasionalisme NKRI.

Dijelaskannya, Brigjend H Hassan Basery dengan penuh perjuangan membacakan teks proklamasi di Dusun Niih, Kecamatan Loksado, Kabupaten HSS. Dia menyebutkan, proklamasi yang dikumandangkan tidak ada di daerah lain selain proklamasi 17 Agustus 1945.

“Jadi hanya ada 2 proklamasi di Indonesia, yakni Proklamasi 17 Agustus 1945 yang dikumandangkan Bung Karno, dan Proklamasi ALRI 17 Mei 1949 yang dikumandangkan oleh Brigjend H Hasan Basry,” tutur Syamsuri, dengan penuh semangat.

Wadanlanal Mayor Laut (P) Iwan Hendra, sangat terkagum-kagum mendengar pemaparan sejarah proklamasi 17 Mei 1949, yang diceritakan Syamsuri Arsyad.

Pada kesempatan itu, dia juga memohon maaf karena Danlanal Banjarmasin tidak dapat datang langsung. Sebab terangnya, Danlanal ada penugasan mendadak dari pusat, dan memerintahkan dirinya untuk mewakili datang ke HSS.

Diinformasikannya, bahwa secara khusus ziarah yang sama sudah dilakukan oleh Jajaran Lanal Banjarmasin ke Makam Pahlawan Nasional Brigjend H Hasan Basry, sehari sebelumnya di Bundaran Liang Anggang, Landasan Ulin, Banjarbaru. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya