Ekspor Kalsel Turun Akbat Covid-19

Banjarmasin, KP – Melihat kondisi perekonomian dunia saat ini, dimana pertumbuhannya mengalami perlambatan termasuk juga Indonesia, khususnya Kalimantan Selatan.

“Memang pada triwulan pertama tahun 2020 ini pertumbuhan ekonomi Kalsel mencapai 5, 68 persen jauh di atas  rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional yg hanya 2,97 persen,” jelas Kepala Dinas Perdagangan Kalsel Drs H Birhasani MSi kepada wartawan saat mereka rapat koordinasi.

Namun dalam 2 bulan terakhir yakni bulan April dan Mei kinerja ekspor Kalimantan Selatan mengalami perlambatan akibat dampak mewabahnya Covid-19 di seluruh dunia termasuk Indonesia dan banua ini.

Adapun kinerja Ekspor Kalsel semenjak adanya pandemi Covid-19 terjadi fluktuativ terutama sejak April 2020 cenderung mengalami penurunan ,begitu pula Neraca Perdagangan Kalimantan Selatan, namun kondisinya masih surflus.

Berita Lainnya
1 dari 457
Loading...

Bir menyampaikan kepada para eksportir banua bahwa, Dinas Perdagangan Kalsel siap membantu dan bekerjasama dalam upaya peningkatan ekspor kalsel terutama dalam pelayanan Surat Keterangan Asal (COO) bila diperlukan eksportir sebagai keringanan tarif bea masuk untuk negara tujuan sesuai perjanjian bilateral Pemerintah Indonesia dengan negara tujuan ekspor.

Disebutkan, kegiatan ini juga menggali berbagai informasi dan tentunya untuk mendengarkan berbagai masukan positif dlm upaya mencari solusi untuk mempermudah para pelaku ekspor untuk mendapatkan informasi tentang hambatan dan peluang pasar negara tujuan ekspor, semuanya dimaksudkan guna meningkatkan kinerja ekspor kalsel.

Hasil pertemuan selanjutnya dijadikan sebagai bahan masukan ke forum Rakoor di tingkat nasional yang dilaksanan hari berikutnya, dalam Rakoor bersama jajaran Pemerintah Pusat dikoordinir oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI diikuti kementerian terkait dan eksportir.

Kadisdag Birhasani berkomitmen, siap membantu pelaku usaha sesuai ketentuan yang berlaku dan akan memberikan pelayanan prima dalam pengurusan dokumen pendukung ekspor, pelayanan cepat, efektif, efisien dan transparan, hanya dalam hitungan jam selesai. (hif/K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya