Harga Bawang Merah Dan Putih Kembali Normal

Turunnya harga bawang merah diikuti bawang lainnya seperti bawang putih yang dulu dijual Rp24 ribu perkilo turun menjadi Rp18 ribu juga bawang bombai masih normal dijual Rp16 ribu per kilo.

BANJARMASIN, KP – Setelah sempat meroket bulan lalu harga bawang putih dan merah kembali normal dijual disejumlah pasar tradisional Banjarmasin.

“Untuk harga bawang merah memang mengalami kenaikan yang cukup besar dibanding hari biasanya karena terganggu pasokan yang belum masuk dari sentra penghasil sempat dijual Rp6o ribu sekarang sudah turun menjadi Rp32 hingga Rp35 ribu perkilonya,” kata H Sani penjual bawang pasar Teluk Dalam Senin.

Ia menambahkan, meskipun harga bawang merah tinggi, tapi stok masih cukup pada waktu itu dan bulan ini lagi musim panen di beberapa sentra produksi atau penghasilnya seperti Jatim, Jateng dan NTB karena bawang kita banyak dari sini.

Naiknya harga bawang merah berdampak besar pada penjualan harian yang semakin berkurang warga membeli hanya secukupnya, kecuali dari penjual makan siap saji atau penjual bumbu masak yang tidak ada perubahan jumlah kiloannya.

“ Sekarang pembelian dari warga mulai meningkat dari biasanya dari biasa membeli secukupnya naik menjadi setengah kilo, jelas sangat terbantu kami ditengah musim pandemi corona ini,” sebut Sani sumringah.

Berita Lainnya
1 dari 451
Loading...

Turunnya harga bawang merah diikuti bawang lainnya seperti bawang putih yang dulu dijual Rp24 ribu perkilo turun menjadi Rp18 ribu juga bawang bombai masih normal dijual Rp16 ribu per kilo.

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel H Birhasani kepada wartawan menyebutkan, dari pantauan petugasnya dilapangan harga sembako khususnya bawang sudah kembali normal karena sentra penghasil sudah mulai panen.

Bawang yang didatangkan disini asal luar Kalsel seperti sentra penghasil dari Jatim, Sulawesi dan NTB.

Disebutkan Bir, sesuai info dari Kemendag RI hasil panen yang akan masuk pasar tradisional sekitar pertengahan bulan Juni ini.

Sani UMKM penjual bumbu masak dikawasan Pasar Lama kepada wartawan menjelaskan, ia dan keluarga sempat mengeluhkan naiknya harga bawang merah padahal bawang merah bahan pokok dalam membuat bumbu masak.

  “ Alhamdulillah, harga bawang mulai kembali normal penjualan mulai terdongkrak naik karena masa pandemi ini ibu-ibu lebih memilih bumbu siap saji seperti masak habang, kareh dan bistik,” jelasnya.

Saat ini jual bumbu masak habang kembali stabil, kareh, rawon dan bumbu sop satu kilo hanya Rp45 ribu hingga Rp50 ribu perkilo dan setiap hari puluhan kilo habis terjual. (hif/K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya