Lakukan Rapid Test 1 ASN Setdakab Balangan Hasilnya Reaktif

Paringin, KP – Guna mendeteksi sebaran virus corona (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Balangan melakukan rapid test kepada seluruh ASN dilingkungan Setdakab Balangan, kurang lebih sejumlah 140 orang di Aula Benteng Tundakan Setdakab Balangan, Senin (15/06/2020).

Dan diketahui, hasilnya, dari kurang lebih 140 orang yang mengikuti Rapid Test tersebut, dinyatakan ada satu orang yang Reaktif.

ASN adalah garda terdepan sebagai contoh masyarakat, sehingga haruslah untuk mentaati dan disiplin protokol kesehatan, terlebih dalam menghadapi new normal.

Sekdakab Balangan, Ir H Ruskariadi mengatakan, ASN adalah garda terdepan sebagai contoh masyarakat, sehingga haruslah untuk mentaati dan disiplin protokol kesehatan. Adapun tujuan rapid test ini mendeteksi ASN dilingkungan Setdakab Balangan terlebih sebagian ASN ada yang melaksanakan tugas banyak berada dilapangan.

“Kita mendeteksi ini supaya tahu secara protokol kesehatan. Karena ditakutkan ada yang terpapar oleh wabah Covid-19”, sampainya.

Diakui Sekda, rapid test ini atas perintah Bupati Balangan, karena sekarang ini sesuai data yang ada pasin positif untuk wilayah Balangan sudah mencapai angka 30 orang.

“Karena melihat angka positf Covid-19 cukup tinggi, Bupati Balangan memerintahkan melakukan repid tes kepada seluruh ASN dilingkup Sekdakab,” imbuhnya.

Berita Lainnya
1 dari 279
Loading...

Seperti yang pernah disampaikan Bupati Balangan yang juga Ketua Tim GTPP Covid-19 kabupaten Balangan, H Ansharuddin, mengingatkan dan mengimbau kepada masyarakat Bumi Sanggam harus disiplin, mengikuti protocol kesehatan Covid-19 dengan selalu memakai masker pada saat keluar rumah, jaga jarak dan sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau mengunakan hand sanitizer, jangan keluar rumah apabila tidak ada kepentingan mendesak.

“Apalagi mengunjungi tempat-tempat keramaian, saat ini adalah yang terbaik, berkumpul bersama keluarga tercinta untuk Balangan dan Indonesia,” tegasnya.

Sementara, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Balangan, Erwan Mega Karya L, membenarkan satu Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Sekdakab Balangan dinyatakan reaktif pemeriksaan Rapid test. Namun demikian, ASN tersebut tidak bisa dinyatakan sebagai pasien Positif Covid-19.

“Kami terus memantau kesehatannya. Cukup sehat tidak ada gejala apapun hingga detik ini. Dan hari ini yang bersangkutan akan menjalani PCR (Polymerase Chain Reaction) swab test,,” ujar Erwan disela sela kegiatan rapid test yang dilaksanakan di Aula Benteng Tundakan Setdakab Balangan, Senin (15/06/2020).

“Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang bersangkutan kini menjalani karantina mandiri selama 14 hari sembari menunggu hasil test Swab,” lanjutnya.

Kepala Dinas Kesehatan Balangan itu juga minta masyarakat tetap tenang soal kondisi yang ada, apalagi didukung ramainya pemberitaan yang beredar di media maupun sosmed di Kabupaten Balangan.

Terpenting saat ini masyarakat kompak membantu pemerintah, dengan ikut serta memantau orang orang yang terpapar covid-19 untuk disiplin mengikuti karantina mandiri. Jika diketahui melanggar karantina maka masyarakat dapat melapor kepada Satgas Penanganan Covid-19.

Pemerintah Kabupaten Balangan sudah mewajibkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu menggunakan masker di luar rumah, apapun tidak harus masker medis. Terutama ketika ditempat-tempat umum seperti di pasar, minimarket yang banyak aktivitasnya manusia dan didukung dengan Social Distancing.

“Yang penting selalu jaga kesehatan, dengan menjaga asupan makanan dan bergizi, bila perlu minum vitamin teratur dan jaga kebersihan dengan banyak mencuci tangan dengan sabun,” pungkas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Balangan. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya