Penyaluran BST Melalui SKPD Berpotensi Tumpang Tindih

178

Hasil validasi dan verifikasi penerima bisa menimbulkan tanda tanya, apakah penerima benar-benar layak menerima bantuan karena terdampak covid 19 atau tidak.

PALANGKA RAYA, KP — Pendataan dan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Provinsi melalui Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) dinilai berpotensi kurang tepat sasaran dan tumpang tindih.

Hal itu ditegaskan Ketua Pansus DPRD Provinsi Kalteng Y.Fredy Ering kepada awak media, Senin (29/6) terkait pengawasan pihaknya terhadap refokusing anggaran untuk penanganan covid 19. “Kami melihat ada potensi tumpang tindih penerina bantuan lewat SKPD” terangnya.

Seperti untuk petani di wilayah Kota Palangka Raya, didata dan disalurkan melalui Dinas Pertanian Provinsi, untuk sektor hotel dan wisata melalui Dinas Periwisata, meski melalui verifikasi dan validasi masih bisa menimbulkan tanda tanya.

Berita Lainnya

Kampus UPR Terapkan Pembelajaran Daring

Polda Kalteng Beri Penghargaan Tokoh Adat

Loading...

Tanda tanya dimaksud menurut Ketua Komisi A DPRD Kalteng ini, apakah penerima benar-benar layak menerima bantuan karena terdampak covid 19 atau tidak.

Pasalnya ada saja nama orang terdata, namun orang itu semula layak menerima, tetapi kini telah sejahtera, maka seharusnya tidak bisa lagi sebagai penerima BST. Bahkan, bisa-bisa terdata juga dalam Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pusat.

Karena itu, ia berharap pendataan untuk desa seharusnya dilakukan oleh Kepala Desa, dan Camat. Sebab mereka lah yang palinh tau warganya, jangan sampai orang yang telah meninggal justru masih terdata, tambah Fredy Ering.

Untuk perkotaan disarankan yang paling tau kondisi warganya justru Ketua dan Pemgurus Rukun Tetangga dan Rukun Warfa (RT/RW). Serahkan lah dan percayakan pendataan kepada mereka.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menganggarkan sedikitnya Rp 739 milyar tahun untuk penanganan covid 19. Sebagian digunakan untuk bantuan sosial tunai (BST) sebesar Rp 500.000 per KK selama tiga bulan. (drt/k-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya