Petani Di HSS Diberikan Berbagai Program Bantuan

Kandangan, KP – Dalam rangka percepatan tanam musim kemarau April hingga September 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) memberikan bantuan benih, pupuk dan herbisida kepada ratusan kelompok tani yang tersebar di seluruh kecamatan.

Bupati HSS Achmad Fikry, secara simbolis menyerahkan bantuan benih, pupuk dan herbisida kepada beberapa ketua kelompok tani, Senin (8/6/2020) di halaman Kantor Pertanian Kabupaten HSS.

Pada kesempatan tersebut, Achmad Fikry juga menyerahkan polis dan klaim asuransi usaha tani padi (AUTP) dari Jasindo kepada 13 kelompok tani, yang terdiri 8 klaim AUTP, 4 polis AUTP dan 1 polis asuransi usaha ternak sapi (AUTS).

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, penyerahan berbagai bantuan itu merupakan bentuk perhatian dan dukungan Pemerintah, untuk membantu menyejahterakan petani. Sebab menurutnya, apabila petani sejahtera maka masyarakat HSS juga akan sejahtera. 

“Ini karena hampir 80 persen penduduk Hulu Sungai Selatan adalah petani,” ujarnya.

Achmad Fikry berharap, petani dapat memanfaatkan semua bantuan yang sudah diberikan pemerintah, termasuk lahan-lahan sawah yang sudah dicetak. “Tolong lahan-lahan sawah yang dicetak dulu, dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam penggarapannya,” pintanya.

Dia menyampaikan permintaan maaf, apabila ada usulan-usulan petani di 2020 yang belum bisa dipenuhi Pemkab HSS. Sebab terangnya, anggaran Pemerintah dikumpulkan untuk menangani Covid-19.

Berita Lainnya
1 dari 501

Kepala Dinas Pertanian HSS, Muhammad Noor memaparkan, bantuan berupa benih, pupuk dan herbisida diberikan untuk kegiatan padi inbrida seluas 1.515 hektare, pada 54 kelompok tani di Kecamatan Daha Selatan, Daha Utara dan Daha Barat.

Bantuan pengembangan padi bebas residu seluas 143 hektare, dan benih 3.575 kilogram kepada 13 kelompok tani di Kecamatan Telaga Langsat dan Daha Utara.

Bantuan benih 57.000 kilogram, pupuk NPK 71.250 kilogram, pupuk hayati 21.375 kilogram, herbisida 4.275 liter, dolomit 142.500 untuk 42 kelompok tani di Kecamatan Daha Selatan, Daha Barat dan Angkinang. 

Lalu, kegiatan pengembangan padi seluas 200 hektare, dengan bantuan benih 5 ribu kilogram dan pupuk NPK 10.000 kilogram untuk  5 kelompok tani di Kecamatan Daha Selatan. 

Kegiatan pengembangan jagung hibrida seluas 500 hektare, dengan bantuan benih 7500 kilogram untuk 21 kelompok tani di Kecamatan Kalumpang, Kandangan dan Simpur.

Pengembangan tani melon, diberikan kepada Kelompok Tani Berkat Subur Desa Telaga Langsat. Bantuan sarana pengolahan pupuk organik, kepada Kelompok Tani Putra Antaluddin Desa Karang Jawa Kecamatan Padang Batung. Bantuan Benih Tomat Budidaya Organik disalurkan kepada Kelompok Tani Said Kuning Desa Kapuh Kec Simpur. 

Mendukung percepatan tanam mini, Pemerintah juga memberikan bantuan rehabilitasi jaringan irigasi tersier sebanyak 9 unit, dan bantuan irigasi perpompaan sebanyak 3 unit. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya