Provinsi Kalsel Siap Gelar Pilkada Serentak 2020

PROVINSI Kalimantan Selatan siap menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Sekretaris Daerah Pemprov Kalsel, H Abdul Haris Makkie, mewakili Gubernur H Sahbirin Noor mengikuti rapat koordinasi Pilkada bersama Kementerian Dalam Negeri RI, melalui video conference, di Ruang Rapat Sekdaprov Kalsel, Banjarbaru, (24/6).

Dalam rapat dipimpin Menteri, Tito Karnavian, dilaksanakan melalui video conference membahas kendala dan upaya pelaksanaan pilkada serentak 2020.

Pemilihan Kepala Daerah yang digelar serempak di 270 daerah di seluruh Indonesia, tetap berlangsung pada tanggal 9 Desember 2020, meski di tengah pandemi corona.

Menteri Dalam Negeri mengharapkan agar Kepala Daerah dapat membantu dan berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu di wilayah masing-masing dalam hal pengadaan anggaran dan APD bagi penyelenggaraan pemilu.

Terlebih pelaksanaan tahapan Pilkada sudah dimulai, yaitu verifikasi faktual untuk calon perseorangan.

Berita Lainnya
1 dari 389

Kemudian Tito Karnavian meminta kepala daerah di 270 daerah untuk segera mencairkan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pilkada Serentak 2020.

“Tolong rekan-rekan kepala daerah, usulan atau NPHD yang sudah disepakati segera dicairkan, terlebih bagi daerah yang realisasinya yang masih rendah.

Dengan begitu, penyelenggara Pilkada seperti KPU maupun Bawaslu Daerah, serta pihak kemanan mereka betul-betul memiliki napas, memiliki ruang fiskal untuk melanjutkan tahapan Pilkada,” kata Tito.

Sementara Sekdaprov Kalsel, Abdul Haris dalam Vicon itu menyatakan KPU Kalsel siap melaksanakan Pilkada serentak.

Pemprov Kalsel sudah menyiapkan dana hibah untuk gelaran pesta demokrasi itu.

“Realiasi anggaran Pilkada bagi penyelenggara, yaitu KPU dan Bawaslu di Kalsel sudah mencapai 40 persen lebih,” ujar Haris.

Kalsel akan melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di 5 Kabupaten (Kotabaru, Tanah Bumbu, Banjar, HST, Balangan) dan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota di 2 Kota, yaitu (Banjarmasin dan Banjarbaru).(adv/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya