Reses Dewan Dapil I Berbagi Sembako dan Masker

Palangka Raya, KP – Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalteng, Hj. Faridawaty Darland Atjeh mengatakan, Unsur Pimpinan dan anggota DPRD melakukan reses yang tergabung dalam kelompok 2 (dua) reses Dapil Kalteng I, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Gunung Mas dan Kabupaten Katingan.

Lokasi reses yang dituju, diantaranya meninjau tempat wisata Bukit Batu, Pasar Kasongan, Ke Kecamatan Tewang Sanggalang Garing, serta melihat secara langsung lokasi persawahan di Desa Pendahara di Kabupaten Katingan.

Selain menyerap aspirasi konstituen di lapangan, pihaknya juga menyalurkan bantuan masker dan sabun, serta dari Fraksi NasDem sendiri berkesempatan menyalurkan paket bantuan bahan pokok dan penting (bapokting) gratis, kepada masyarakat setempat.

Di hari yang sama pihakya melanjutkan reses ke sejumlah tempat, diantaranya Desa Baun Bango, Kecamatan Kamipang, melihat ke Puskesmas dan Kantor Kecamatan Kamipang, guna menyalurkan 50 paket sembako, 50 paket masker, vitamin dan lainnya.

Diungkapkan, daerah ini berada pada zona hijau atau green zona, karena salah satu warga setempat ada yang berstatus ODP dan sudah melakukan isolasi selama 14 hari, dan hasilnya dinyatakan bebas COVID-19.

Menurut Hj. Faridawaty, pihaknya juga menjnjau data penerima bantuan sosial tunai (BST) dampak pandemi COVID-19 serta beberapa bansos lainnnya, bagi warga yang ada di daerah itu.

Dari informasi Pemerintah kecamatan setempat, warga telah menerima bantuan pangan non tunai (BPNT), bersumber dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) yang jumlahnya ada sekitar 152 KK.

Sementara jumlah data masyarakat setempat, terdampak pandemi COVID-19 yang telah diusulkan menerima bantuan, ada sedikitnya 1.000 kk.

Berita Lainnya
1 dari 279
Loading...

Dari Kabupaten, untuk Desa Baun Bango ada sekitar 121 KK, Bantuan KKS untuk Kecamatan Kamipang ada 59 KK, yakni besaran bantuan Rp. 200.000 per bulan, selama 9 bulan. Jadi total bantuan ialah sebanyak 211 KK.

Bantuan non Pemerintah khususnya dari partai NasDem untuk posko kecamatan, sebanyak 25 paket, untuk puskesmas 25 paket, 34 paket dan 30 paket, berupa disinfektan dan vitamin. Bantuan dari KONI Kabupaten juga ada.

Camat Kamipang Drs. Sukartie Alijad menyatakan, saat ini BST dampak pandemi COVID-19 dari Kemensos RI yang disalurkan melalui kantor pos, untuk warga setempat ada 300 KK dan itu sudah berjalan.

Untuk BLT yang bersumber dari dana desa, yakni sebesar Rp. 600.000 per bulan untuk selama 3 bulan, juga sudah berjalan, yang mana saat ini kami juga sedang mematangkan data calon penerima. Targetnya pertengahan bulan Juni 2020 ini harus sudah selesai, perkiraan ada sekitar 300 hingga 400 KK.

Ada pula bantuan sembako gratis telah disalurkan sebanyak 300 paket, untuk warga se Kecamatan Kamipang, pada awal bulan Mei 2020. Paket dimaksudkan, berupa 10 kg beras, 1 dus mie, sarden, sabun mandi dan sabun cuci. Sedangkan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng, hingga saat ini masih ditunggu dan datanya juga sudah masuk.

Pihaknya berharap, Puskesmas setempat, agar ada penambahan tenaga bidan 2 orang untuk Desa Galinggang, tenaga medis di Puskesmas Pembantu (Pustu) perlu diisi, mobil puskesmas keliling juga sudah sangat tua, hampir 20 tahun.

Begitu juga bangunan Puskesmas sudah hampir 30 tahun lebih, tapi ada mendapatkan alokasi Rehab dari Dana Alokasi Khusus (DAK), tapi masih tertunda, karena COVID-19. Diusulkan pula mobil ambulan, serta perbaikan jalan dari Kabupaten Katingan.

yang menyertai Dapil ini masing-maaing Duwel Rawung (Ketua Komisi III), Sriosako (Fraksi Demokrat Kalteng), Sengkon (Perindo/GP4H Kalteng), Eterly Dayun (Anggota DPRD Kabupaten Katingan/NasDem), serta turut diikuti oleh Kapolsek dan Danramil setempat. (drt/K-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya