SDN Kebun Bunga 6 Maju Lomba ke Sekolah Adiwiyata Nasional

Banjarmasin, KP – Tiga siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin, masing-masing Lutfia Amalia kelas VB dan M Jefri Kamil kelas VB, juga Rabiatul Jannah akan mengikuti lomba Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional yang bertujuan untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup melalui kegiatan pembinaan, penilaian dan pemberian penghargaan Adiwiyata kepada sekolah.

Kepala Sekolah SDN Kabun Bunga Enam Hj Siti Zakiah mengatakan ketiga siswa mengikuti lomba ini setelah berhasil memenangkan lomba tingkat Kecamantan hingga daerah Provinsi, sehingga mereka sudah menyadari arti pentingnya berbudaya lingkungan hidup di sekolah.

“Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang telah menerapkan sistem dengan maksud untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan,” katanya yang didampingi ketua Tim Adiwiyata Sekolah Masniah Ani.SPD disela-sela persiapan lomba, belum lama ini.

Khusus untuk target sasaran Adiwiyata adalah lingkup pendidikan formal setingkat SD, sederajad. Sekolah menjadi target pelaksanaan karena sekolah turut andil dalam membentuk nilai-nilai kehidupan, termasuk nilai-nilai untuk peduli & berbudaya lingkungan hidup.

Berita Lainnya
1 dari 1.440
Loading...

“Sekolah-sekolah yang telah melaksanakan program Adiwiyata berhak untuk mendapatkan penilaian dan selanjutnya diberikan penghargaan yang diberikan secara berjenjang. Soal nomor prestasi, bukan tujuan utama, namun yang paling utama adalah membangkitkan kepedulian dan berbudaya lingkungan hidup dalam kehidupan di sekolah,” kata Masniah Ani.

Kriteria penilaian penghargaan Adiwiyata, meliputi empat aspek yaitu, aspek kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan hidup, aspek kurikulum sekolah berbasis lingkungan hidup, aspek kegiatan lingkungan di sekolah berbasis partisipatif dan aspek pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan.

“Sekolah yang telah menerapkan Program adiwiyata dapat merasakan manfaat baik bagi penerapan sistem belajar, proses belajar dan  hasil pembelajaran  khususnya bagi peserta didik,” katanya.

Sementara itu Kepala SDN 6 Hj Siti Zakiah mengatakan pihaknya sangat mendukung program Adiwiyata yang digalakan oleh pemkab Purbalingga melalui Dinas Lingkungan Hidup.

“Program Adiwiyata kami nilai mampu mengubah perilaku warga sekolah untuk melakukan budaya pelestarian lingkungan serta mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan  kondusif bagi seluruh warga sekolah,” katanya. (vin/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya