Swab Massal, Biddokes Polda Kalsel dengan Aplikasi Siwalan

Banjarmasin, KP – Swab massal yang awalnya reaktif di rapid test dan Biddokes Polda Kalsel gunakan aplikasi Siwalan, untuk swab, Rabu (24/6/2020).


Bhakti sosial kesehatan Polda Kalsel ini dilaksanakan di halaman eks Kantor Gubernur Kalsel Jalan Jenderal Sudirman, Siring 0 Kilometer Banjarmasin.


Kegiatan dalam rangka ke – 74 Hari Bhayangkara pada 1 Juli 2020, dan dilakukan secara Drivethrue pengambilan sampel swab bekersajama Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.

“Iya kita selain kegiatan rangka bhakti sosial, juga bhakti kesehatan,” kata Kapolda Kalsel, Irjen Pol Nico Afinta SIK SH MH, kepada wartawan.


Dari keterangan, yang ditarget swab 500, namun hingga kini yang mendaftar sekitar 600 orang. Pemeriksaan adalah orang yang sudah kena tracking dari Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.

Berita Lainnya
1 dari 868
Loading...


“Kami masukan datanya di aplikasi Siwalan (Aplikasi Swab Berjalan),” tambah Kapala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabid Dokkes) Polda Kalsel, Kombes Pol dr H Erwin Zainul Hakim Mars MH Kes.


Dikatakan, ketika itu tes swab telah dilakukan terhadap 129 orang yang reaktif rapid test. Di sini lanjut Kabid Dokkes, dari aplikasi siwalan bisa digunakan warga dengan cukup memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) maka akan muncul barcode dari ponsel.


“Sehingga petugas bisa langsung membaca dari kumpulan data optik itu dilakukan swab test. Adanya aplikasi ini proses bersentuhan antara petugas dan peserta swab sangat berkurang,” ucapnya.


Ditanya tetang aplikasi itu sendiri,
Erwin mengatakan, dibuat anggota Biddokes Polda Kalsel dan ke depan aplikasi ini digunakan di seluruh puskesmas.


Sebab, hasil swab dapat diketahui di aplikasi tersebut, ketika uji laboratorium dari lendir dahak orang yang diambil.


“Pengambilan sampel swab saat ini, warga tak perlu turun dari motor atau mobil, dan petugas bisa melakukan swab. Dan warga yang mengikuti itu, rata-rata mengatakan kalau sebelumnya melakukan rapid test. (K-2)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya