Tahura SA Mulai Siaga Jelang Musim Kemarau

Martapura, KP – Belum lagi berakhir pandemi Covid-19 melanda negeri, kini musim kemarau sudah di depan mata. Persiapan menghadapi serangan si jago merah mengintai dipersiapkan sedari sekarang.

Jumat (12/6), di Tahura Sultan Adam (SA) digelar rapat internal persiapan menghadapi musim kemarau, terutama mengantisipasi dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di dalam kawasan konservasi Tahura SA.

Rapat ini dihadiri KSBTU, Manajer Mandiangin , Kepala Seksi Pemanfaatan, Kepala Seksi Perlindungan Hutan, serta anggota Polhut.

Berita Lainnya

Tambahan Kasus Baru 55 Orang

1 dari 892
Loading...

Kepala Tahura SA, Ainun Jariah, mengatakan dalam beberapa tahun terakhir kawasan Tahura selalu jadi sasaran api. Dari pengalaman sebelumnya kita dapat ambil pelajaran dan dapat mengetahui titik kelemahan.

“Maka dari itu sekarang kita sama sama bergandeng tangan dalam meminimalisir terjadinya karhutla. Dengan memperbanyak patroli, dan mendirikan posko-posko terpadu pada kantor Resort Pengelola Hutan dengan menempatkan beberapa orang tenaga Brigdalkarhutla dan rutin melaksanakan patroli,” ucapnya.

Ainun menambahkan, selain mendirikan posko pada kantor RPH, juga dibentuk MPA berbasis desa. Setiap desa mengaktifkan kembali MPA. Dan yang ada kegiatan penanaman Rehabilitasi DAS akan di-support sepenuhnya oleh pemegang izin pinjam pakai kawasan hutan. Baik dari peralatan maupun logistik. Dalam pelaksanaan di lapangan kepala desa bertanggung jawab dalam pengelolaannya.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Heru Wibowo mengatakan dari anggaran yang tersedia hanyalah penanggulangan kebakaran. Sedangkan untuk patroli tidak tersedia. Sebab itu, diusulkan untuk minta support kepada IPPKH. (adv/tahura/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya