Ziarah ke Makam Sultan Suriansyah, Kapolda Kalsel Tekankan Pentingnya Nilai Moral dan Sejarah Banjar

Banjarmasin, KP – Kapolda Kalsel, Irjen Pol Dr Nico Afinta SIK SH MH, berziarah ke makam Sultan Suriansyah, di Jalan Kuin Banjarmasin Utara, Jumat (19/6/2020).

Ia ingin lebih mengenal sejarah Raja Banjar Pertama yaitu Sultan Suriansyah yang memeluk agama Islam.

“Hal penting memberikan pembelajaran kita tentang nilai- nilai moral yang dulunya beliau ajarkan,” kata Irjen Pol Nico Afinta

Bahkan ketika itu, kapolda ‘ditapung tawari’ dan didoakan keselamatan saat berziarah.

Tapung Tawar dilakukan pengurus atau penjaga makam setempat. Ketika itu, Kapolda mengajak Danrem 101 Antasari, Brigjen TNI Firmansyah, yang sama sama baru menjabat di banua ini.

Diketahui, Tapung Tawar merupakan sebuah ritual singkat yang dilakukan untuk memberikan doa keselamatan dengan cara memercikkan air yang telah bercampur dengan “Minyak Likat Baboreh”.

Berita Lainnya
1 dari 2.978

Air tapung tawar tersebut dipercikan dengan menggunakan sobekan daun pisang atau anyaman daun kelapa yang dibentuk sedemikian rupa. Menurut kepercayaan, air itu mengandung kekuatan magis dan dapat memberikan keselamatan bagi orang yang ditapung tawari.

Ziarah inipun, sebelumnya juga dilakukan Kapolda Kalsel ke makam Datu Kelampayan di Kabupaten Banjar.

Bahkan Irjen Pol Nico Afinta selalalu menyempatkan diri bersilaturahmi dengan para ulama dan tokoh dari pengurus Organasai Islam di banua.

Selain ziarah ke makam Sultan Suriansyah, kapolda juga berikan bingkisan berupa Al – Qur’an untuk Masjid Sultan Suriansyah.

Ketika itu rombongan Kapolda Kalsel disambut H Achmad Yamani,

pengurus makam dan Andi, selaku  Pengurus Masjid Sultan Suriansyah.

Kapolda Kalsel saat ziarah juga didampingi Kabid Humas, Kombes Pol M Rifai dan Direktur Samapta, AKBP Pepen S. (K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya