Bioskop di Duta Mall Batal Buka, Disbudpar Belum Beri Kelonggaran

Banjarmasin, KP – Rencana pengoperasian kembali studio XXI (bioskop) di Duta Mall pada 29 Juli dibatalkan, menyusul adanya keputusan Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) terkait penundaan dibukanya bioskop di seluruh Indonesia.

Manager Operasional Duta Mall, Yenny Purwanti sudah mengetahui terkait kabar penundaan yang diterbitkan GPBSI melalui surat pernyataan media pada 16 Juli tersebut. 

Namun demikian, Yenny masih berharap bioskop masih bisa buka sesuai rencana awal. “Masih nego, apa bisa dijadikan pilot project untuk di Banjarmasin,” ujarnya.

Yenny membandingkan antara aktivis di bioskop dan di dalam pesawat. Menurutnya dua aktivis itu tak jauh berbeda, dan durasinya hampir sama. Sehingga menurutnya sah-sah saja kalau bioskop sudah bisa operasional. 

“Durasi terbang 1.5 jam. Sama-sama duduk kan. Ruangannya lebih lega bioskop daripada kabin pesawat,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarmasin, Ikhsan Ahlak saat dikonfirmasi mengungkapkan, meski rencana awal bioskop bakal dibuka pada 29 Juli, namun pihaknya belum mengeluarkan keputusan soal pelonggaran bioskop di Banjarmasin. 

Ikhsan beralasan, belum dikeluarkannya kelonggaran untuk bioskop ini lantaran pihaknya masih belum dilakukan observasi terhadap kemungkinan-kemungkinan yang bakal terjadi jika itu dilakukan, serta sejauh mana kelayakan yang ada di lapangan juga masih belum diketahui.

“Disbudpar belum mengeluarkan keputusan soal pelonggaran ini. Baru menerima paparan saja dari pengurus GPBSI Kalsel. Belum diobservasi kelaikan di lapangan,” ungkapnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.384
Loading...

Lebih lanjut, Ikhsan mengatakan kepastian diberikan kelonggaran itu juga nantinya menunggu keputusan dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan CoVID-19 Banjarmasin.

“Nanti tim gugus tugas yang menyikapinya. Sedangkan kami belum melakukan observasi lapangan,” pungkasnya.

Sebelumnya diwartakan, terkait rencana dibukanya kembali bioskop tersebut, Yenny mengaku sudah dikomunikasikan ke pihak Pemko Banjarmasin dan aparat keamanan.

“Nanti sebelum resmi dibuka kita akan minta Gugus Tugas Percepatan Penanganan CoVID-19 Banjarmasin untuk memantau sistem protokol yang dijalankan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, sejumlah persiapan telah dilakukan untuk tetap menjaga protokol kesehatan CoVID-19. Seperti mensterilkan ruang bioskop dengan penyemprotan disinfektan, pemasangan stiker jarak tempat duduk dan himbauan untuk mematuhi protokol kesehatan.

Imbauan agar pemesanan tiket sebaiknya dilakukan melalui M-TIX juga dilakukan, untuk menghindari terjadinya kerumunan saat mengantri tiket. 

Sebelumnya diketahui, bioskop di Duta Mall tak beroperasi selama hampir empa bulan, atau sejak tanggal 25 Maret lalu. Penutupan dilakukan karena melihat masifnya penyebaran virus corona, ditambah pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSSB).

Di masa sekarang pun sebenarnya, status tanggap darurat masih berlaku di Banjarmasin. Namun di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau New Normal, Pemerintah Kota telah memberikan kelonggaran terhadap sejumlah sektor usaha untuk kembali buka. (sah/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya