Bupati HSU Alokasikan Anggaran untuk Ikatan Pesantren Indonesia

Amuntai, KP – DPW IPI Kalsel melantik DPC IPI Kabupaten Hulu Sungai Utara bertempat di Aula KH Idham Chalid Amuntai, Senin (27/07/2020). Pelantikan dihadiri Bupati H Abdul Wahid HK, Ketua DPRD, Sekda, Kepala Kemenag, Kepala MUI HSU dan Forkopimda

Bupati mengatakan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara berkomitmen akan membantu pondok pesantren di Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan memberikan anggaran khusus untuk pondok pesantren.

Anggaran ini bisa untuk memberikan intensif kepada tenaga pengajar, operasional pondok oesantren dan pengembangan kewirausahaan di lingkungan pondok pesantren atau santripreneur.

Menurut Bupati, Pemerintah daerah menyambut baik dengan terbentuknya kepengurusan DPC IPI Kabupaten Hulu Sungai Utara, dengan harapan IPI bisa menjadi mitra strategis pemerintah dalam memajukan perkembangan pondok pesantren pada khususnya dan Hulu Sungai Utara pada umumnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Hulu Sungai Utara Teddy Suryana yang hadir pada acara tersebut berjanji akan mengawal proses penganggaran di dewan.


Apalagi dengan sudah di syahkannya UU No 18 tahun. 2019. Undang – undang ini bisa menjadi dasar hukum bagi pemerintah daerah untuk memberikan alokasi anggaran ke pondok pesantren,kata Teddy yang juga sebagai pengurus DPW IPI Propinsi Kalimantan Selatan.

Berita Lainnya
1 dari 1.163
Loading...

Masih dikesempatan yang sama Ketua DPW IPI Kalsel KH M Mukeri Yanus, mengatakan Pelantikan pengurus DPC ini merupakan program pengurus DPW untuk memperkuat organisasi hingga ke kabupaten kota, sehingga program kerja yang direncanakan pengurus di DPP dan DPW bisa dilaksanakan dan dimanfaatkan oleh anggota di daerah, karena DPC yang bersentuhan langsung dengan pondok pesantren.

Ia menambahkan tahun ini akan memberikan beasiswa kepada 500 orang yang lolos seleksi untuk kuliah di Universitas NU Kalsel, alhamdulillah IPI sudah MOU dengan Universitas Nahdlatul Ulama, “kata KH M Mukri Yunus

Guna membantu daerah, KH M Mukeri Yunus menanbahkan, IPI sudah melakukan Perjanjian Kerjasama dengan Bank Kalimnatan Selatan Syariah, dalam program Umroh Akbar.

Bank Kalael Syariah memberikan kemudahan kepada calon jamaah untuk membayar biaya umroh, bisa cash, menabung maupun dana talangan. Untuk ASN DP nol alias tidak pakai DP. Asal niat insya Allah bisa langsung umroh.

“Karena IPI akan charter pesawat, maka dapat potongan harga. Potongan harga inilah yang akan kita kembalikan ke jamaah, sehingga harga lebih murah. Dan sebagian kita alokasikan untuk pengembnagan ekonomi pesantren, semoga pandemi covid cepat selesai sehingga kehidupan normal kembali,”ungkapnya

Ketua DPC IPI Hulu Sungai Utara yang baru dilantik KH Abdul Bari mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan.

“Alhamdullilah meski sudah banyak jabatan dalam organisasi, tapi karena amanah dan ulun melihat potensi IPI dalam mengembangkan ekonomi pondok pesantren maka ulun siap menjadi ketua DPC IPI, apalagi ulun didukung pengurus muda muda dan paham pondok pesantren,”katanya.

Guru Bari mengatakan mengharapkan dukungan dan bantuan dari pemerintah daerah untuk pengembangan pondok pesantren.(Ogi/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya