Giliran Masjid Noor Kebagian Sapi Jokowi

Banjarmasin, KP – Masjid Noor dipilih sebagai penerima sapi kurban pemberian dari Presiden Joko Widodo tahun ini. 

Sapi jenis limosin berbobot 879,5 kilogram itu diserahkan oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor kepada panitia kurban, Kamis (30/07/2020).

Dalam kesempatan penyerahan tersebut, Paman Birin mengucapkan terimakasih kepada Presiden atas pemberian sapi untuk ibadah kurban bagi masyarakat Kalsel tersebut. 

“Kita telah menjalankan amanah pak presiden dengan menyerahkan sapi ini di Masjid Noor,” ucap Paman.

Paman mengungkapkan, Kalsel memang setiap tahun menerima pemberian sapi kurban dari Presiden ini. Yang mana pendistribusiannya diatur agar masyarakat bisa menikmatinya.

“Kalau tahun lalu di Masjid Sabilal. Setiap tahun memang selalu dibagikan, kita sengaja satu tempat agar seluruh masyarakat bisa menerimanya,” jelasnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.191
Loading...

Dalam kesempatan itu, juga diserahkan perlengkapan alat pelindung diri (APD) bagi panitia kurban. Tujuan agar pelaksanaan penyembelihan tetap menerapkan protokol kesehatan CoVID-19.

Selain APD, juga diserahkan bakul dan besek terbuat dari purun sebanyak seribu buah. Sebagai upaya pengurangan kantong kresek yang saat ini tengah digalakkan Pemprov Kalsel.

“Gubernur mengimbau penggunaannya plastik dikurangi. Karena penguraiannya sangat lama,” ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalsel Hanifah Dwi Nirwana.

Adapun Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kalsel, Suparmi, menjelaskan sapi pemberian Presiden tersebut merupakan sapi pilihan. Pemenang kontes yang sebelumnya digelar di Kabupaten Tapin.

“Idul Adha tahun ini Pak Gubernur menetapkan Masjid Noor. Kita seleksi memang dari pemenang-pemenang kontes,” katanya.

Terkait permintaan sapi kurban tahun ini, memang cenderung mengalami penurunan sekitar 10% dibandingkan tahun sebelumnya.

Jika pada tahun lalu permintaan sapi kurban mencapai 9.214 ekor, namun pada Idul Adha kali ini diperkirakan hanya sekitar 8.000 ekor.

“Penurunan ini terjadi secara nasional. Namun masih kita tunggu laporan pastinya. Karena ibadah kurban masih akan dilakukan sampai masyarakat sampai Senin (3/08/2020) nanti,” tukasnya. (sah/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya