Jelang Lebaran Telur Ayam Ras dan Bebek Turun

Menurut Ady penjual agen telur dikawasan Pasar Sentra Antasari, telur ayam ras lokal dan telur Jawa mulai mengalami kestabilan atau turun harga akibat pasokan telur Pulau Jawa dan lokal yang mulai berlimpah

BANJARMASIN, KP – Lebaran yang tinggal beberapa hari lagi, para pedagang dan pembeli mulai sumringah dengan kembali turunnya harga telur ayam ras dan bebek ditengah semakin melonjaknya harga ikan sungai dan laut disejumlah pasar.

Pedagang telur eceran dikawasan Pasar Teluk Dalam dan agen besar Pasar Nagasari Minggu pagi hampir semua penjual sepakat menyatakan harga telur ayam ras lokal dan Jawa sama-sama turun harga namun sepi pembeli.

H Syaukani penjual telur bebek eceran dan telur ayam ras asal Pulau Jawa Pasar Nagasari menyatakan, akibat pasokan telur mulai kembali lancar semingguan ini harganya kembali turun dari harga Rp24 ribu turun menjadi Rp20 sampai Rp21 ribu perkilo ada sekitar 20 ikat semakin sulit terjual.

Sedangkan untuk pasokan telur ayam ras lokalan dipasok dari Bati-Bati Tanah Laut serta Liang Anggang karena disini lebih banyak peternak yang memasok ke Banjarmasin dan Kalteng yang juga banyak melakukan permintaan sedangkan bebek lebih banyak dari Hulu Sungai namun tidak mencukupi permintaan.

Ditambahkan bapak 1 anak ini, biasanya permintaan telur ayam ras akan tinggi diwilayah Kalteng dan sekitarnya maka para peternak dan distributor besar akan memasok kesana lebih banyak karena harga jual yang cukup bagus.

Berita Lainnya
1 dari 458
Loading...

Dampak turunnya harga telur penjualan kembali berkurang dan cendrung sepi karena ayam ras semakin stabil harga jualnya warga lebih memilih ayam ketimbang telur, beda ketika ayam mahal penjualan telur ras meningkat.

Untuk telur bebek dari dari Rp2400 sampai Rp2500 perbiji turun menjadi Rp2000 sampai Rp2100 perbiji semua tergantung ukuran besar dan kecilnya pilihan,

Menurut Ady penjual agen telur dikawasan Pasar Sentra Antasari, telur ayam ras lokal dan telur Jawa mulai mengalami kestabilan atau turun harga akibat pasokan telur Pulau Jawa dan lokal yang mulai berlimpah

Pasokan sangat stabil dalam beberapa minggu ini disebabkan kapal laut yang semakin lancar datangnya paska new normal dijual Rp20 ribu sampai Rp20500  perkilonya semua tergantung pilihan dari sebelumnya tembus Rp24 ribu perkilo.

Para penjual telur lokal masih mengandalkan pasokan asal Pulau Jawa baik telur bebek tambak dan ayam ras kiloan jika sedikit saja pasokan terganggu maka harga tergiring naik seperti bulan lalu karena pasokan telur lokal masih belum bisa mencukupi.

“ Kita masih memerlukan dan belum mampu mengandalkan pasokan telur ayam ras lokal dan telur bebek tambak lokalan sehingga telur Jawa masih sangat dominan diperlukan para pedagang eceran, partai dan distributor besar,” tegasnya. (hif/K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya