Obat Corona Solusinya Kampung Tangguh Banua

Paringin, KP – Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19, kampung tangguh banua (KTB) merupakan salah satu solusinya.

“Kampung Tangguh Banua, ini sebagai bentuk antisipasi (solusi, red) memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Atau masyarakat kita sudah siap mencegah dan menangkalnya kalau ada penyebaran Covid-19, artinya kita bangun kampung ini agar  mempunyai ketahanan dalam menghadapi kemungkinan kondisi  terburuk ditengah pandemi covid ini,” ujar Kasrem 101 Ansari Kolonel Inf Parulian Marpaung saat melakukan kunjungan ke KTB Desa Riwa kecamatan Batumandi bersama Kapolda Kalsel, Rabu (15/07/2020) kemarin.

Kasrem menjelaskan bahwa program Kampung Tangguh Banua adalah program penguatan kelembagaan dan sumberdaya kampung agar  memiliki ketahanan dalam menghadapi pandemi covid-19.  Ketahanan dimaksud meliputi ketahanan ekonomi, pangan, pendidikan dan kesehatan.

Berita Lainnya

Bupati Apresiasi Kinerja HIPMI Balangan

1 dari 277
Loading...

“Kami menilai Desa Riwa ini sudah siap untuk menjalankan program kampung tangguh banua ini, karena kampung (desa, red) ini telah memiliki berbagai fasilitas untuk mendukung ketahanan kampung tersebut ” tuturnya.

“Kampung Tangguh ini dibuat secara sistem. Jadi yang kita kuatkan adalah sistem pertahanan wilayah berbasis masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar lagi.

Menurut dia, kampong tangguh banua (KTB) ini dianggap benar-benar tangguh dengam tujuh kekuatan. Kampung Tangguh ini berbasiskan partisipasi masyarakat dengan prinsip gotong royong.

Tujuh kekuatan itu adalah tangguh SDM, tangguh kesehatan, tangguh informasi, tangguh keamanan dan ketertiban, tangguh budaya, tangguh psikologis, dan tangguh logistik.

“Jika dilaksanakan secara meluas pada semua desa/kampung, masalah pandemi covid-19 akan cepat selesai,” pungkasnya. (jun/K-6) 

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya