Pemko Diminta Siapkan Strategi Ekonomi Atasi Dampak Covid-19

Banjarmasin, KP – Ketua Komisi II DPRD Kota Banjarmasin, HM Faisal Hariyadi meminta, agar Pemko menyiapkan strategi ekonomi masyarakat dalam mengatasi dampak pandemi wabah virus corona (Covid-19).

Faisal Hariyadi juga mengimbau agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Banjarmasin dapat menjaga optimisme untuk bangkit dari kondisi kurang baik akibat pandemi Corona.

“Kota Banjarmasin harus bangkit kembali dari kondisi seperti sekarang, saya yakin pemulihan ekonomi di kota bisa lakukan,” ujarnya, kepada {KP}, Selasa (21/7/2020).

Ia mengatakan, sudah sekitar empat bulan lebih dampak pandemic virus corona (Covid-19) memporak porandakan semua kegiatan bisnis dan perenomian masyarakat tak terkecuali Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi terpuruk.

Guna mengatasi bangkit kembali terpuruknya berbagai sektor usaha ini lanjutnya, tentunya Pemko Banjarmasin harus menyiapkan sejumlah kebijakan strategis di bidang ekonomi yang tepat.

Berita Lainnya
1 dari 1.428
Loading...

Dikemukakan, dampak wabah virus corona (Covid-19) tidak hanya berimbas pada kesehatan, melainkan turut mempengaruhi perekonomian negara-negara seluruh dunia, tak terkecuali negara Indonesia.

“Meski pemerintah melakukan berbagai upaya untuk menekan dampak dari virus Corona. Mulai dari diberlakukannya social distancing termasuk Work From home (WFH) serta melakukan pembelajaran secara online dari rumah dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),” ujar Ketua Komisi membidangi masalah keuangan dan ekonomi ini.

Faisal Hariyadi mengakui, di tengah pandemi Covid-19 tentu ada ancaman, namun sebaliknya juga peluang yang bisa dimanfaatkan. Bagi pelaku usaha katanya, harus bisa menangkap peluang tersebut agar tetap bertahan di tengah pandemi ini.

Seperti lanjutnya, pola pemasaran harus berubah dan beralih ke pemasaran digital melalui website yang dijadikan e-commerce, social media, penjualan melalui marketplace, dan membentuk tim reseller untuk menjual produknya.

“Sementara korban PHK akibat dampak pandemi corona harus bisa mencari alternatif lain, salah satunya dengan menjadi reseller atau penjual dari produk-produk yang dibutuhkan saat masa pandemi ini,” katanya.

Ketua komisi dari F-PAN ini lebih jauh mengemukakan, siapapun harus bijak dan mampu membaca setiap peluang agar tetap bisa mendapatkan penghasilan, meski kegiatan usaha yang dijalankan harus memulainya dari awal. (nid/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya