Berbagai Pelayanan Kepolisian di HSS Kini Bisa Secara Online

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) menghadiri kegiatan launching aplikasi pelayanan berbasis online, yang dikembangkan Polres HSS, Selasa (4/7/2020) pagi di Mapolres setempat.

Aplikasi itu bernama Si Lamang, merupakan akronim dari siap layani masyarakat atasi gangguan Kamtibmas.

Pelayanan yang diberikan di aplikasi berbasis online itu mulai dari pendaftaran Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN), izin keramaian, Surat Keterangan Kehilangan, dan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan (SP2HP).

“Masyarakat tidak perlu lagi antri di loket pendaftaran, cukup dengan mengisi formulir melalui ponsel android masing-masing. Selanjutnya tinggal mengikuti proses tahapan di masing-masing pelayanan,” tutur Kapolres HSS AKBP Siswoyo.

Selain itu, terdapat pula fitur layanan pengaduan, serta memiliki layanan tombol darurat “Panic Button”, yang bisa digunakan masyarakat HSS apabila berada dalam situasi darurat.

Dijelaskannya, dengan hanya menekan tombol itu, seluruh smartphone anggota Polres akan mendapatkan notifikasi dan memberikan peringatan alarm, yang selanjutnya akan segera direspon pihaknya.

“Karena aplikasi ini sudah terkoneksi dengan google map, maka anggota Polres terdekat akan mendatangi masyarakat yang membutuhkan pertolongan tersebut,” jelasnya.

Berita Lainnya
1 dari 291
Loading...

Aplikasi itu juga bisa digunakan dalam pencegahan dan penindakkan, pada tindak pidana di wilayah hukum Kabupaten HSS. Bahkan tambahnya, tidak hanya khusus tindak pidana, tetapi juga bisa menrespon gangguan-gangguan kecil yang membutuhkan kehadiran polisi.

“Seumpamanya ban bocor di jalan, sementara waktu sudah tengah malam dan tidak ada orang yang bisa membantu, juga dipersilahkan masyarakat untuk menekan panic button, Insya Allah anggota polisi akan datang,” ucapnya.

Bupati HSS Achmad Fikry, mengucapkan selamat kepada jajaran Polres HSS, yang telah berhasil mengembangkan inovasi pelayanan untuk masyarakat HSS berupa aplikasi berbasis online Si Lamang.

Menggunakan aplikasi yang memanfaatkan teknologi dan media terkini, maka ujar Achmad Fikry, kebutuhan masyarakat akan pelayanan yang cepat akan terpenuhi.

Adanya aplikasi Si Lamang Polres HSS, maka tidak ada lagi kerumunan maupun antrian di loket pendaftaran, sehingga lebih memudahkan masyarakat. Hal itu ujarnya, juga sesuai dengan kondisi normal baru saat ini.

“Insya Allah akan kita manfaatkan aplikasi ini, dan perlu kita sosialisasikan kepada masyarakat agar masyarakat HSS bisa memanfaatkannya juga,” ucap Achmad Fikry.

Kepada Kapolres HSS, ia berpesan untuk mengikutsertakan aplikasi Si Lamang Polres HSS dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) tahun depan.

Launching aplikasi itu, turut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten HSS, Kepala OPD, para Kapolsek jajaran Polres HSS, serta perwakilan komunitas sepeda motor se Kabupaten HSS. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya