Bimtek Penyusunan RKA SKPD secara Virtual Digelar

Marabahan, KP – Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Barito Kuala (Batola) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Workshop Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (RKA SKPD), Rabu (26/08/2020).

Acara yang berlangsung 2 hari Rabu dan Kamis (26-27 Agustus) 2020 di Aula Pertemuan Kantor BPKAD Batola ini dibuka Pj Sekretaris Daerah (Sekda) H Abdul Manaf.

Menariknya, acara melibatkan nara sumber dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini digelar melalui Video Conference (Vicon).

Para peserta yang berasal dari para pejabat administratif, pejabat pengawas, serta seluruh unsur pelaksana SKPD se-Batola mendapat materi terkait sosialisasi Permendagri Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan RKA TA 2021, KUA PPAS dan SSH, kebijakan akuntansi daerah, pengenalan SIPD Kemendagri, serta Workshop SIPD (Sistem Informasi Pemerintah Daerah) dari Tim SIPD Kemendagri.

Berita Lainnya
1 dari 167
Loading...

Pj Sekdakab Batola H Abdul Manaf saat membuka kegiatan menyampaikan, penyusunan RAPBD TA 2021  hendaknya segera dilaksanakan, mengingat KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2021 telah ditandatangani bersamaan penandatanganan KUPA dan PPAS Perubahan Tahun Anggaran 2020.

“Untuk menyusun RKA SKPD TA 2021 dalam menggunakan aplikasi SIPD tentunya perlu dipahami pejabat dan pelaksana terkait,” ucapnya.

Ia menerangkan, SIPD sendiri datanya terpusat di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang mana sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2020 tentang pedoman Penyusunan APBD TA 2021.

“Aplikasi ini memang baru sehingga tidak mudah dan tentunya belum familiar bagi bapak-ibu sekalian,” jelas mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Batola itu.

Ia berharap, para peserta memiliki tekad dan kesungguhan mengikuti kegiatan secara serius sehingga terkait aplikasi KIPD agar nantinya dapat menyelesaikan tugas sesuai target dan harapan bersama.

“Mohon diserap sebanyak-banyaknya informasi dari narasumber, sehingga dapat maksimal menggunakan aplikasi SIPD,” pesannya. (ang/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya