Iklan
Iklan
Iklan
Hulu Sungai Tengah

Chairansyah Launching Bansos
Beras Keluarga PKH HST Tahun 2020

×

Chairansyah Launching Bansos<br>Beras Keluarga PKH HST Tahun 2020

Sebarkan artikel ini
BUPATI HST - HA Chairansyah saat menyerahkan bansos. (KP/Ist)

Barabai, KP – Bupati HST H.A.Chairansyah Serahkan secara simbolis pada acara Launching Bansos Beras pada keluarga PKH Kab HST Tahun 2020 bertempat di Kantor Bulog Subdrive Barabai, Senin (7/9/2020).

Kepala Dinsos PPKBPP dan PA HM Yusuf menyampaikan Program bantuan sosial beras ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran KPM PKH di Kabupaten HST agar kebutuhan pangan beras bagi keluarga terdampak Covid-19 bisa terpenuhi dan tetap terjaga kesehatannya, penyaluran sembako pada penerima PKH di Kab. HST sebanyak 8.306 KPM, masing-masing mendapatkan 15Kg/KPM atau jumlah beras sebanyak 124.590 kg/bulan.

Android

Program ini berlangsung untuk periode Juli sampai September dengan volume beras yang disalurkan sebesar 15 kilogram (kg)/KPM per bulan artinya, setiap penerima manfaat akan memperoleh 45 kg beras kualitas medium sampai September, pada bulan September ini akan disalurkan sebanyak 2 bulan yaitu untuk bulan Juli dan Agustus jadi setiap KPM akan menerima 30 kg Beras.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bulog Subdrive Barabai Budiawan mengemukakan bahwa penyaluran yang dimulai pada September ini dengan volume untuk alokasi dua bulan sekaligus, yakni 30 kg dengan jumlah KPM 8.306. maka, total stok beras kelolaan Bulog yang akan disalurkan mencapai 249.180 kg.

Seterusnya Budiawan menyampaikan terkait dua fungsi Bulog yaitu pertama menjaga Harga di Tingkat Konsumen & Produsen, bagaimana Bulog mampu menjaga harga di tingkat produsen dan bagaimana Bulog menjaga harga di tingkat konsumen agar tidak terjadi gejolak yang menyebabkan kenaikan sehingga harus dilakukan operasi pasar.

Kedua Aspek Komersial, selain harus memenuhi aspek sebagai stabilisator, Bulog juga memiliki fungsi komersial karena sebagai BUMN harus memiliki pendapatan untuk menghidupi dan membesarkan Bulog secara keseluruhan.

Budiawan mengungkapkan bahwa secara aspek komersial, Bulog melakukan serangkaian strategi bisnis untuk dapat menopang pendapatan. 

Selanjutnya HA Chairansyah menyampaikan untuk kesekian kalinya Pemerintah kembali menyalurkan Bansos untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat karena dampak Pandemi virus Corona, Bansos Beras ini merupakan salah satu program jaring pengaman sosial yang merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Sosial dengan Bulog.

Atas nama Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kab HST mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Sosial serta Bulog dengan adanya Program Bantuan Sosial ini, dimana dapat membantu dalam sektor pemulihan ekonomi masyarakat, tugas pelaksanaan program Bansos ini tentunya memerlukan sinergitas dari kita semua, baik Kemensos, Bulog, Pemerintah Daerah khususnya Dinsos atau pun pemangku kepentingan.

HA Chairansyah berharap untuk keluarga penerima manfaat dapat menggunakan bantuan beras ini guna memenuhi kebutuhan keluarga, khususnya pemenuhan asupan karbohidrat, sehingga dapat menunjang peningkatan imunitas tubuh dalam menghadapi wabah bencana covid-19 di Kab HST.

Tak henti-hentinya HA Chairansyah mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap patuhi Protokol kesehatan, “Mari bersama-sama kita memutuskan mata rantai penularan Covid-19 yaitu dengan penerapan protokol kesehatan dengan memakai masker, hindari kerumunan, jaga jarak dan cuci tangan dengan sabun dengan air yang mengalir,” tambahnya.

Acara dirangkai dengan launching Bansos Beras dengan ditandai penyerahan secara simbolis Oleh Bupati HST H.A.Chairansyah kepada tiga perwakilan KPM an. Hartini Muliana, Wahidah dan Rusdiah ketiganya berasal dari desa Mandingin Kec. Barabai.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinsos PPKBPP dan PA, Kepala Bulog Subdrive Barabai beserta jajarannya, PT BGR, SekCam Barabai, Para Pendamping PKH koordinator Kab/Kec dan Penerima Simbolis Bansos Beras. (adv/ary/K-6)

Iklan
Iklan