KPU Balangan Nyatakan Kedua
Bapaslon Pilbup Memenuhi Syarat

Paringin,  KP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan menyatakan kedua Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Balangan memenuhi syarat administrasi untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

“Untuk syarat administrasi semua Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Balangan memenuhi syarat,” ujar Ketua KPU Balangan Saripani, Senin (14/09) kemarin di Aula KPU Balangan menggelar rapat pleno terbuka penyampaian hasil penelitian persyaratan Calon Bupati dan Wakil Bupati Balangan. 

Dikatakan dia, penelitian keabsahan dokumen persyaratan kedua bakal pasangan calon tersebut dilaksanakan sejak pendaftaran pada 4-6 September lalu.

Ketua KPU Balangan, Saripani menyampaikan, ada beberapa tahapan sebelum bakal pasangan calon mendaftarkan diri. Mereka juga harus memenuhi sejumlah syarat untuk pencalonan. Terutama syarat administrasi. 

Pengumuman hasil penelitian keabsahan dokumen tersebut diumumkan langsung saat agenda Rapat Pleno Terbuka Penyampaian Hasil Penelitian Keabsahan Persyaratan Calon dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Balangan Tahun 2020. Dan kegiatan dihadiri oleh tiga orang perwakilan dari masing-masing tim bakal pasangan calon Bupati Balangan dan Wakil Bupati Balangan menghadiri pengumuman tersebut. 

Berita Lainnya
1 dari 280
Loading...

Diketahui hingga akhir masa pendaftaran yang di buka oleh KPU Balangan, hanya ada dua bakal pasangan calon Bupati Balangan dan Wakil Bupati Balangan yang mendaftar ke KPU Balangan, yakni pasangan petahana H Ansharuddin dengan M Nor Iswan yang mengusung jargon ANIS dan paslon penantang yakni H Abdul Hadi dengan H Supiani dengan jargon HAS.

Sementara, dari hasil penelitian keabsahan dokumen persyaratan tersebut, diketahui, semua persyaratan yang sesuai dengan PKPU untuk persyaratan calon bagi kedua pasangan dianggap memenuhi syarat. Di antaranya perihal dokumen ijazah, hasil tes kesehatan, laporan harta kekayaan, surat keterangan catatan kepolisian dan tidak dicabut hak pilihnya. 

Berita acara yang disampaikan oleh Komisioner KPU Balangan, Saripani dan diketahui Ketua KPU Balangan menerangkan, baik H Ansharuddin – M Nor Iswan ataupun H Abdul Hadi dan Supiani telah memenuhi persyaratan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Balangan pada Pilkada 2020. 

Kedua bakal pasangan calon disebutkan tidak lagi ada perbaikan dokumen persyaratan. Hal itu karena semua dokumen yang dibutuhkan sudah memenuhi syarat. 

Berdasarkan hasil penelitian keabsahan dokumen persyaratan calon Bupati dan Wakil Bupati disebutkan pasangan H ansharuddin – M Noor Iswan belum memenuhi syarat dokumen syarat pasangan calon yaitu surat tanda terima penyerahan laporan harta kekayaan penyelenggara negara dari instansi yang berwenang memeriksa laporan harta kekayaan penyelenggara negara. 

Kemudian, dokumen bersama naskah visi misi dan program Pasangan Calon mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Daerah yang ditandatangani Pasangan Calon. 

Pengesahan ini Sesuai berita acara KPU Balangan Untuk pasangan calon Bupati dan Wakil Balangan TAHUN 2020 Nomor : 54/ PL.02.2-BAI 03/ 63 1 1/KPU-Kab/IX/2020 yang mengesahkan Dokumen Syarat H Ansharuddin – Noor Iswan telah memenuhi syarakat. Kemudian berita acara milik pasangan calon Bupati dan Wakil Bu0qti H Abdul Hadi – H Supiani dengan Nomor : 55/PL.02.2-BA/O3/631 1/KPU-Kab/IX/2020 juga memenuhi syarat. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya