Belasan Rumah di Pulau Bromo Rata dengan Tanah

15 kepala keluarga dan 52 jiwa harus kehilangan tempat bernaung.

BANJARMASIN, KP – Kebakaran hebat melanda kawasan Pulau Bromo, Jalan Mantuil Ujung Tanjung Pandan, Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Rabu (21/10/2020) dini hari, sekitar pukul 1.25 WITA.

Tidak diketahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut, namun kebakaran yang terjadi pada dini hari tersebut membuat keheningan malam di kawasan ujung Banjarmasin tersebut mendadak pecah.

Petugas pemadam kebakaran sulit untuk menjinakkan api, lantaran ketiadaan akses darat menuju lokasi kebakaran, ditambah angin kencang dan rumah warga berbahan kayu. Sehingga api pun dengan cepat melalap rumah warga.

Api baru dipadamkan kurang lebih satu jam setelah sejumlah pemadam kebakaran berjibaku memadamkan si jago merah.

Dan berdasar data Tim Reaksi Cepat (TRC) Taruna Siaga Bencana Kalsel, kobaran api meluluh lantakkan 15 unit rumah warga.

Berita Lainnya

Sadis, Begal Jerat Leher Korban Hingga Tewas

Polresta Banjarmasin Bersiap Amankan TPS

1 dari 1.003

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun 15 kepala keluarga dan 52 jiwa harus kehilangan tempat bernaung.

Salah seorang petugas Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Kalsel, Alex mengatakan, kawasan permukiman di Pulau Bromo tersebut merupakan wilayah yang memiliki sumber air yang mudah untuk digunakan memadamkan api.

Hanya saja akses menuju ke lokasi tempat kejadian lumayan sulit. “Karena petugas harus menurunkan armada sungai agar bisa mencapai lokasi dan beberapa warga Mantuil Ujung yang memiliki kelotok bersedia menyeberangkan sejumlah pemadam kebakaran menuju lokasi,” katanya.

Ia menyatakan belum mengetahui persis awal mula api itu muncul. “Untuk penyebabnya sendiri masih dalam proses penyelidikan pihak berwajib,” ujarnya.

Dari 15 unit rumah yang terbakar, hanya satu unit rumah yang terbakar sebagian. Sedangkan sisanya rusak 100 persen rata dengan tanah. Sedangkan kerugian akibat kejadian ini ditaksir sebesar ditaksir Rp750 juta.

“Langkah kedepannya kita akan melakukan pendataan korban kebakaran dan menyiapkan bantuan logistik serta berkoordinasi dengan instansi terkait untuk langkah selanjutnya,” pungkasnya.

Sedangkan kasus musibah kebakaran tersebut saat ini ditangani Polsek Banjarmasin Selatan. (zak/K-4)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya