Dewan Apresiasi Penghapusan UN

Banjarmasin, KP – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Markarim membuat terobosan baru di dunia pendidikan. Mantan CEO Gojek itu menghapus Ujian Nasional (UN) yang bakal diterapkan pada 2021.

Dengan adanya kebijakan tersebut, maka dipastikan tahun 2020 ini menjadi tahun terakhir pelaksanaan UN.

Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, HM Yamin mengapresiasi langkah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam menghapus UN.

Menurutnya, kepada {KP} Jumat (9/10/20), meski UN saat ini sudah tidak lagi menjadi syarat kelulusan, tapi penghentian total merupakan langkah tepat.

Meski begitu, Yamin mengatakan, Nadiem sebagai Mendibud punya tantangan lain. Salah satunya adalah pemetaan dan perbaikan sistem pendidikan yang harus dilakukan setelah penghapusan UN.

Sebelumnya unsur pimpinan dewan dari Partai Gerindra ini, peneroan UN sempat menjadi momok bagi siswa, Apalagi ketika UN dijadikan syarat menentukan untuk kelulusan siswa.

Dinformasikan, ,Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan UN hanya akan ada pada tahun 2020 ini. Setelah itu formatnya akan diganti. sehingga pada 2021 tidak lagi ada UN.

Berita Lainnya

JMSI Jatim Jamin Anggotan Medianya Kredibel

1 dari 1.589

” Pada 2021 , UN akan diganti menjadi asesmen nasional,” ujarnya, Rabu (7/10/2020) lalu.

Menyinggung kenapa UN tetap berlaku hingga 2020. Ia mengemukakan, alasannya karena sebelumnya sudah dilakukan persiapan adanya pelaksanaan UN tersebut. Sehingga tidak bisa serta merta dihapus.

Dijelaskan, asesemen nasional bukan hanya dirancang pengganti UN, tapi salah terobosan perubahan evaluasi pendidikan.

Nadiem Makariem juga mengatakan ada tiga aspek dalam evaluasi asesmen nasional. Yakni asesmen kompetisi minimum (AKM), survei karakter dan survei lingkungan.

Menurut Nadiem, AKM dirancang untuk mengukur tingkat pencapaian siswa dari segi numerasi dan literasi.

Kemudian, aspek kedua survei karakter ditujukan untuk mengukur pencapaian siswa terhadap pembelajaran sosial secara emosional.

Sedangkan aspek terakhir yaitu dinilai dari kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah. (nid)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya