Kegiatan Desinfektan PMI, Jamah Seluruh Kalsel

Banjarmasin, KP – Membantu memutus penyebaran mata rantai penularan virus corona atau covid-19, Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam beberapa bulan terakhir gencar melakukan kegiatan penyemprotan desinfektan.

Itu dilakukan di seluruh wilayah provinsi ini, bahkan sampai ke daerah-daerah terpencil.

Plt Ketua PMI Provinsi Kalsel, H Sukamto, SKM.Mkes kepada wartawan mengatakan, terhitung sejak Juni 2020 hingga, sekarang, kegiatan penyemprotan desinfektan yang dilakukan tidak ada kendornya.

“Tanpa kenal lelah, bahkan penuh semangat, para relawan PMI di daerah ini melakukan penyemprotan,” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.626

Dia menjelaskan untuk kegiatan penyemprotan PMI Provinsi Kalsel didukung armada terdiri dua unit mobil truk gunner, dua truk tanki, dua unit grandmax, 13 unit motor viar, serta puluhan armada lainnya yang turut dikerahkan masing-masing kabupaten/kota.

“Untuk truk gunner dan truk tanki dikerahkan di lima daerah yang saat ini tertinggi angka covid-19 nya yaitu Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Batola, dan didukung pula dengan kendaraan kecil untuk wilayah yang sulit dimasuki mobil besar. Sedangkan daerah lain menggunakan armada yang lebih kecil yaitu grand max dan motor viar,” jelasnya.

Selain itu, melakukan edukasi kepada masyarakat seperti menyampaikan mengapa masyarakat harus memakai masker saat beraktifitas di luar rumah, selalu mencuci tangan setelah beraktifitas serta selalu menjaga jarak fisik saat beraktivitas.

“Selain itu PMI juga memberikan bantuan paket PHBS yang berisikan masker, sabun serta hand sanitizer,” tambah Sukamto yang sehari-hari menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel.

“Kami berharap pandemi Covid-19 cepat berlalu, dan itu semua sangat tergantung dari disiplin masyarakat dalam menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan,” ucapnya. (lia/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya