Kunjungi Warung Batamuan, Gendong Ulun Jadi Program Unggulan AnandaMu Untuk UMKM di Banjarmasin

BANJARMASIN, KP – Pandemi Covid-19 yang hampir satu tahun terakhir melanda banua sangat berpengaruh negatif pada hampir seluruh sektor.

Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) misalnya, tidak sedikit yang tutup usaha alias gulung tikar lantaran merosotnya pendapatan karena sepinya pembeli. Hal itu ternyata juga dirasakan puluhan pedagang Warung Batamuan di Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara.

Terkait hal tersebut, Calon Wakil Walikota Banjarmasin Ustadz H Mushaffa Zakir Lc berkomitmen untuk membantu pemulihan dan pengembangan UMKM di Kota Banjarmasin melalui program Gerakan Dorong Usaha Lokal Untuk Naik Kelas atau Gendong Ulun.

Gendong Ulun sendiri adalah salah satu dari 4 program unggulan dari Calon Walikota Banjarmasin Hj Ananda dan Wakil Walikota Banjarmasin Ustadz H Mushaffa Zakir nomor urut 4 dengan tagline berbenah bersama, selain bertahan pulih bangkit hingga Covid 19 selesai (Batapih Bahalai), Emak Berdaya Tangguh Pandai dan Berpenghasilan (Ember Tapasan) dan Bantuan Pendidikan Selama Pandemi (Bapespa).

Berita Lainnya
1 dari 1.720

“di Program Gendong Ulun nantinya, pelaku UMKM akan kita bantu mulai dari pelatihan managemen usahanya, pemasaran produk dan jasanya, hingga bantuan permodalan usaha dengan bekerjasama dengan perbankan hingga BUMN,” ungkap Ustadz H Mushaffa Zakir Lc disela, Minggu (11/10/2020 disela kunjungan ke Warung Batamuan.

Baginya UMKM sendiri sangatlah strategis perannya dalam rangka mendorong roda perekonomian dibidang mikro sekaligus menyerap tenaga kerja di sektor informal. Karena itulah pengembangan usaha mereka menjadi salah satu konsen utama pasangan AnandaMu yang mewakili kaum ibu dan millenial tersebut.

“Bahkan nantinya di Program Gendong ulun, tidak hanya UMKM yang sudah berkembang saja yang akan dibantu. Tapi masyarakat yang baru memulai usahanya pun juga akan difasilitasi melalui Rumah Perezekian,” tambah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin tiga periode itu.
Sementara itu, salah satu pedagang Warung Batamuan Acil Yurna berharap, nantinya ada perhatian lebih dari pemerintah kepada pelaku UMKM seperti dirinya, khususnya dalam hal permodalan usaha.

“Sempat sepi juga omset penjualan akibat Pandemi Covid-19, namun sekarang sudah mulai ramai. Yang kami butuhkan saat ini bantuan permodalan agar usaha kami bisa berkembang lebih baik lagi,” harapnya.

Dirinya mengaku saat ini cukup terbantu dengan kontribusi salah satu tokoh masyarakat disini, yang menyediakan dan menggratiskan lahan milik pribadinya untuk masyarakat mencari nafkah dengan cara berjualan di Warung Batamuan.

“Untungnya lahan tidak sewa, kami sangat terbantu dalam hal itu. Semoga nantinya lapak-lapak gratis untuk berjualan seperti ini juga dapat disediakan oleh Pemerintah agar semakin banyak UMKM yang mudah menjual produknya ke pasaran,” pungkasnya.(KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya