UDD PMI Perkenalkan Inovasi Baru Pelayan Donor Darah

Banjarmasin,KP – Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD- PMI) Kota Banjarmasin memperkenalkan Inovasi terbaru dalam Pelayanan Darah.

Inovasi baru yang diperkenalkan adalah melalui metode Donor Trombosit Apharesis.

Menurut Kepala UDD PMI Kota Banjarmasin, dr Aulia Ramadhan Supit menjelaskan, jika donor darah mengambil semua elemen darah, sementara donor apheresis hanya mengambil elemen tertentu seperti trombosit dan mengembalikan kembali elemen lainnya ke tubuh si pendonor.

” Kelebihan donor darah trombosit hampir setara dengan 10 kantong trombosit biasa,” kata Aulia Ramadhan.

Melalui pesan wathassap ( WA) diterima (KP), Rabu sore (14/10/2020) ia mengatakan, memasuki musim penghujan ancaman penyakit demam berdarah perlu diwaspadai.

Dalam kondisi ini lanjutnya, biasanya dibutuhkan cukup banyak persediaan trombosit untuk menolong pasien demam berdarah.

Berita Lainnya
1 dari 1.595

“Tapi dengan trombosit apharesis ini maka jika ada yang butuh 10 kantong trombosit tdk perlu mencari 10 org, namun cukup dengan hanya satu orang saja,” ujarnya.

Disebutkan, kelebihan lainnya adalah, bagi pendonor bisa mendonorkan kembali darahnya dalam dua minggu kemudian.

Aulia Ramadhan mengemukakan, pengerjaan melalui metode Donor Trombosit Apharesis hanya kurang lebih dua jam.

” Bagi pendonor yang menyumbangkan darahnya melalui layanan akan mendapatkan snack dan makan,” kata Aulia Ramadhan seraya mengajak masyarakat agar rutin mendonor darah untuk kemanusiaan.

Menyinggung syarat Donor Apharessis. ia menjelaskan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan donor darah biasa yaitu harus memenuhi beberapa kriteria yang diberikan oleh pihak medis.

Perbedaan dalam Donor Apharssis, bagi pendonor pria harus memiliki berat badan minimal 55 kilogram, sedangkan wanita minimal 60 kilogram. Kemudiaan memiliki kadar Hb 13-17 gram dan tekanan darah sistole antara 110 – 150 mmHg dan diastole antara 70 – 90 mmHg. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya