2021 Rampungkan Pembangunan RSUD Sultan Suriansyah Rp 20 Miliar

Banjarmasin, KP – Penyelesaian pembangunan Rumah Sakit Sultan Suriansyah terus menjadi perhatian pihak Pemko Banjarmasin untuk terus dilanjutnya, baik bangunan fisik dan pemenuhan kelengkapan alat kesehatan lainnya.

Kelanjutan fasilitas layanan kesehatan berlokasi di Jalan RK Ilir, Kelurahan Pekauman Kecamatan Banjarmasin Selatan dan sudah dioperasikan sejak tanggal 24 September 2019 atau bertepatan peringatan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke 493 ini, kembali dianggarkan dalam RAPBD 2021 sebesar Rp 20 miliar.

Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Matnor Ali kepada wartawan, Jumat (20/11/2020) mengatakan, selaian penyelesaian kelanjutan Rumah Sakit Sultan Suriansyah dalam RAPBD tahun 2021 juga dianggarkan rehab layanan dasar kesehatan yaitu, Puskesmas Pelambuan senilai Rp 7 miliar dan rehab Puskesmas Pemurus Baru sebesar Rp 5,2 miliar.

“Selain juga dianggarkan untuk merealisasikan pembangunan Puskesmas Induk Induk Sungai Andai dengan anggaran disediakan sebesar Rp 10 miliar,” ujarnya.

Dijelaskan Matnor Ali, khusus anggaran disediakan kelanjutan pembangunan Rumah Sakit Sultan Suriansyah digunakan untuk menyelesaikan lantai 4 rumah sakit tersebut.

Matnor Ali memaparkan, dalam RAPBD tahun 2021 yang saat ini sudah difinalisasi dan akan disahkan melalui rapat paripurna dewan dijaduwalkan digelar 26 Nopember mendatang, alokasi anggaran untuk Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin disediakan sebesar Rp 254 miliar.

Berita Lainnya

Pelanggan PDAM Banteng Dipastikan Mati 8 Jam

55 Nelayan Terima Paket Konversi BBM Ke BBG

1 dari 1.799

Disebutkan, dalam APBD tahun 2020 untuk mengerjakan proyek kelanjutan penyelesaian pembangunan RSUD Sultan Suriansyah dialokasikan anggaran sekitar Rp 25 miliar.

Menurutnya, pihak dewan sendiri akan terus mengawal proses kelanjutan penyelesaian rumah sakit tersebut. Matnor Ali menilai, meski baru satu lebih dioperasikan , namun pelayanan kesehatan yang diberikan rumah milik Pemko Banjarmasin itu masih harus terus ditingkatkan. Baik sarana serta fasilitas pendukung lainnya sesuai persyaratan ditentukan.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Macli Riyadi mengemukakan, sejak dioperasikan di lantai I Rumah Sakit Sultan Suriansyah memberikan pelayanan kesehatan poliknik penyakit dalam, poliknik kebidanan dan kandungan, poliknik bedah, poliknik jiwa, poliknik saraf dan poliknik rehab medic MCU.

Sementara pada lantai II rumah sakit lanjutnya, pelayanan poliknik anak, poliknik gizi,, poliknik mulut dan gigi, poliknik THT, poliknik patalogi anatomi dan tersedianya laboratorium mini. Machli mengakui, karena masih baru beroperasi dan pembangunan belum 100 persen sepenuhnya rampung tentunya RSUD Sultan Suriansyah masih memerlukan ketersediaan sarana dan fasilitas pendukung lainnya yang harus dipenuhi.

Machli mejelaskan, saat ini Rumah Sakit Sultan Suriansyah sudah mulai memberikan pelayanan kesehatan untuk pasien peserta BPJS setelah sebelumnya mendapatkan penilain akreditasi madya bintang tiga.

Dijelaskan, akreditasi rumah sakit sebagai salah satu persyaratan wajib harus dilalui untuk mememuhi standar pelayanan kesehatan yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan melalui Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor : 12 tahun 2012 tentang Akreditasi Rumah Sakit. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya