55 Orang Tim Evaluasi APBDesa Ikuti Kegiatan Pembinaan

Pelaihari, KP – Sebanyak 55 orang tim evaluasi APBDesa 2021 mengikuti pembinaan yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Tanah Laut (Tala) di Balairung Tuntung Pandang, Senin (23/11/2020).

Bupati Tala yang dalam kesempatan itu diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Tala H Dahnial Kifli menyampaikan apresiasi kepada Dinas PMD Tala atas digelarnya kegiatan tersebut.

Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan menunjukkan komitmen Pemerintah Kabupaten Tala dalam meningkatkan kualitas pengelolaan dana desa.

Sebab anggaran pendapatan dan belanja desa adalah pertanggungjawaban dari pemegang manajemen desa untuk memberikan informasi tentang segala aktivitas dan kegiatan desa kepada masyarakat dan pemerintah atas pengelolaan dana desa dan pelaksanaan berupa rencana-rencana program yang dibiayai dengan uang desa.

Berita Lainnya
1 dari 481

“Perlu menjadi perhatian juga bahwa dana desa sendiri dapat digunakan untuk pelaksanaan desa tanggap Covid-19 dan pelaksanaan sistem padat karya tunai desa (pktd),” ucapnya.

Seiring dimasa pandemi saat ini pemerintah tengah memprioritaskan pengalokasian dana desa untuk dua hal yakni pembangunan infrastruktur secara swakelola dengan sistem PKTD untuk memperkuat daya tahan ekonomi desa dan pendapatan masyarakat dan penguatan kesehatan masyarakat melalui upaya pencegahan dan penanganan Covid-19.

Lebih lanjut, pembinaan kali ini juga untuk meningkatkan kapasitas tim dalam melakukan evaluasi terhadap penyaluran dan penggunaan dana desa. Apalagi selama ini pada pihak kecamatan kerap kali terdapat perbedaan persepsi dalam menerjemahkan peraturan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan mampu menyamakan pemahaman dalam hal teknis pengelolaan keuangan desa. Dengan demikian, pemerintah desa akan memperoleh pendampingan dan informasi yang benar terhadap pengelolaan keuangan desa, baik yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan dan pelaporan keuangan desa,” ucap Dahnial. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya