Iklan
Iklan
Iklan
Tanah Laut

BPKP Lakukan Audit Dana Covid-19 Pemkab Tala

×

BPKP Lakukan Audit Dana Covid-19 Pemkab Tala

Sebarkan artikel ini
BPKP KALSEL - Lakukan Audit Dana Covid-19 diruang Rapat Barakat Senin (23/11/2020). (KP/Ist)

Pelaihari, KP – Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan (BPKP) Kalimantan Selatan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap kinerja pemanfaatan anggaran penanganan dana Covid-19 di Kabupaten Tanah Laut (Tala) bertempat di Ruang Rapat Barakat Sekretariat Daerah (Setda) Tala, pada Senin (23/11/2020).

Bupati Tala HM Sukamta mengatakan BPKP akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh anggaran yang digunakan untuk penanggulangan pandemi Covid-19 yang ditangani sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Tala.

Android

Sukamta menjelaskan bahwa Tala sudah berupaya melakukan tracking, tracing, testing, treatment, edukasi dan sosialisasi ke desa-desa untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 bersinergi dengan para Polisi, TNI, Satpol PP, aparat desa dan masih banyak lagi.

Menurutnya Tala memiliki angka positif Covid-19 yang cukup tinggi karena adanya rapid dan swab tes massal. Sehingga dengan rapid dan swab tes massal, maka rakyat Tala dapat terbebas dari Covid-19 dan sehat.

“Meskipun nantinya akan membuat angka positif Covid-19 di Tanah Laut melonjak, tapi dengan begitu rakyat saya bisa selamat dan sehat. Karena peraturan perundang-undangan tertinggi itu adalah melindungi rakyat,” ucapnya.

Dengan tegas Sukamta tidak ragu untuk menggeser kegiatan-kegiatan pembangunan untuk rakyat Tala yang sehat dan produktif.

Sementara itu perwakilan BPKP Kalimantan Selatan Suherman menuturkan bahwa hal ini dilatarbelakangi karena pengalokasian dana yang cukup besar untuk menanggulangi pandemi Covid-19 ini.

“Penilaian ini berdasarkan dengan akuntabilitas, efektivitas, transparansi dari dana tersebut. Apakah hal tersebut sudah efekti dan sesuai dengan arahan pemerintah pusat,” tuturnya.

Turut berhadir pada acara tersebut Wakapolres Tala, Kasdim 1009/plh, Asisten Bidang Pemerintahan Setda Tala Bambang Kusudarisman, Asisten Bidang Administrasi Umum Safarin, kepala SKPD terkait Kabupaten Tala, jajaran perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan dan tamu undangan lainnya. (rzk/K-6)

Iklan
Iklan