Bupati Hadiri Syukuran Tanam Padi Organik Sibpatik Poktan Budi Bakti

Kandangan, KP –  Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) menghadiri syukuran syukuran tanam padi organik sistem budi daya padi dan ternak itik (Sibpatik), Kelompok Tani (Poktan) Budi Bakti Desa Gambah Dalam Barat, Kecamatan Kandangan, Senin (23/11/2020) kemarin.

Pada kesempatan itu, Achmad Fikry didampingi melakukan pelepasan itik, serta tanam pertama padi organik Sibpatik. Didampingi Wakil Bupati (Wabup) Syamsuri Arsyad, Dandim 1003/Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono, Wakapolres Kompol Reinaldo, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSS Muhammad Noor, dan Kasi Perbenihan Perlindungan Pengolahan dan Pemasaran Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kalsel Zainul Arifin.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSS Muhammad Noor mengatakan, dalam mendukung pertanian organik di Kabupaten HSS dilakukan pengembangan di lahan seluas 100 hektare bersumber dari APBD. Serta, pengembangan padi bebas residu pestisida seluas 250 hektare bersumber dari APBN.

Pada kegiatan itu, juga diresmikan embung di lahan pertanian Poktan Budi Bakti. Biaya pembangunannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pertanian untuk menyediakan air pada lahan tadah hujan.

“Sehingga dengan adanya embung sudah diresmikan, petani dapat dua kali tanam dalam setahun,” terang Muhammad Noor.

Berita Lainnya
1 dari 500

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, taman padi organik Sibpatik di lahan Poktan Budi Bakti cukup menarik karena ada embung yang bisa mengatur ketersedian air untuk bercocok tanamnya.

“Semoga makin banyak difasilitasi, pendapatan petani lebih baik lagi. Pemerintah terus melakukan berbagai cara mendorong pendapatan petani terus meningkat,” ujar Achmad Fikry.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan berbagai bantuan seperti power thresher kepada Poktan Danau Desa Amawang Kanan, Poktan Aslan Desa Amawang Kanan, Poktan Suka Maju Desa Pandulangan, Poktan Purnama Karya Desa Tanah Bangkang, dan Poktan Budi Makmur Desa Paring Agung.

Selain itu juga diserahkan pupuk hayati padat dan pestisida biologi, kepada Poktan Tunas Harapan Desa Padang Batung. Kemudian penyerahan pupuk organik cair dari Kodim 1003/Kandangan kepada Poktan Nengwang Sakarti Desa Gambah Luar Muka dan Poktan Harapan Maju. Serta penyerahan sertifikat organik oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalsel kepada Bupati HSS Achmad Fikry dilanjutkan diserahkan kepada Poktan Budi Bakti.

Dandim 1003/Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono mengatakan, pupuk organik cair diberikan kepada para petani sebagai  wujud sumbangsih membantu Pemkab HSS mengembangkan petanian.

“Pupuk cair organik bahannya semua dari bahan organik ini, sudah mendapat sertifikasi dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalsel. Hasil laboratorium, pupuk ini sangat bagus untuk memelihara kondisi tanah,” pungkasnya. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya