Dispora gelar Festival Remaja Masjid

Banjarmasin, KP – Dalam rangka mencetak generasi muslim yang religius, beriman, bertakwa, dan berakhlakul karimah, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel menggelar Festival Remaja Masjid se-Kalsel 2020. Ajang ini dilaksanakan pada 8-11 November ini di Kiram Park. Pembukaan dilaksanakan di Grand Q Dafam Hotel Banjarbaru, Ahad (8/11).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kadispora Kalsel, H Hermansyah. Dalam sambutannya, Hermansyah menuturkan kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya mewujudkan visi dan misi Kalsel sebagai daerah religius dan islami.

“Bidang kepemudaan, terutama yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan mendapat dukungan penuh oleh Pemprov Kalsel. Oleh karena itu, Dispora Kalsel selaku stakeholder yang membidangi kepemudaan, sangat antusias mendukung kegiatan Festival Remaja Masjid se-Kalsel 2020 ini,” sebut Herman.

Berita Lainnya
1 dari 274

Ditambahkan Herman, kegiatan kepemudaan menjadi penunjang utama dalam mencetak generasi emas Banua. “Dengan kegiatan keagamaan, maka akan menumbuhkan karanter positif bagi para generasi muda. Sehingga, akan semakin mengarahkan mereka menjadi generasi emas yang diunggulkan buat masa depan Kalsel,” tambahnya.

Di sisi lain, melalui ajang Festival Remaja Masjid se-Kalsel 2020 juga menjadi momen seleksi untuk melangkah ke ajang serupa di level nasional. “Pemuda Kalsel selalu menorehkan prestasi di tingkat nasional. Semoga, dalam ajang ini akan menghasilkan pemuda terbaik yang akan jadi wakil Kalsel di level nasional,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kalsel, Heru Susmianto menuturkan festival ini diikuti 447 peserta dari berbagai daerah di Kalsel. “Peserta dibagi dalam tiga kategori. Yakni, kategori TKA, TPA, dan TQA. Lomba yang dipertandingkan adalah tartil Al Quran, tilawah Al Quran, adzan dan iqamah, kisah Islami, dan ceramah agama yang dilakukan secara virtual. Untuk lomba yang dilakukan secara aktual adalah cerdas cermat Al Quran, nasyid, tahfidz Juz Amma, mewarnai, menggambar, kaligrafi, dan peragaan salat. Hadiah yang disediakan berupa uang pembinaan bernilai total jutaan Rupiah,” sebut Heru.

Yang tak kalah penting, Festival Remaja Masjid se-Kalsel 2020 dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. “Semua peserta wajib mengenakan masker ketika tidak tampil atau berlomba, mencuci tangan, dan saling menjaga jarak aman,” pungkas Heru. (nets/nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya