Efek Lanina, Dua Pohon Tumbang di Banjarmasin

Banjarmasin, KP – Badai Lanina yang saat ini melanda wilayah Kalimantan Selatan khususnya Kota Banjarmasin menimbulkan dua pohon berukuran besar tumbang di dua tempat terpisah.

Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Marzuki membeberkan, dua pohon tumbang akibat angin puting beliung yang terjadi pada sore hari tadi menumbangkan satu pohon di kawasan Jalan A Yani Km 1 dan satu pohon di Kelurahan Basirih.

“Untuk pohon tumbang di Km 1 saat ini sudah dilakukan pembersihan oleh petugas kita,” ungkapnya pada awak media, Selasa (10/11) sore.

Respon cepat DLH tersebut dilakukan lantaran pohon yang tumbang tersebut robohnya menutupi jalan, sehingga untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan maka secepatnya petugas DLH memotong batang pohon yang berukuran kurang lebih 15 meter tersebut.

“Supaya tidak mengganggu pengguna jalan,” tukasnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.822

Sedangkan satu pohon lainnya yang berada di Kelurahan Basirih itu belum sempat roboh ke tanah. Namun batang tersebut menimpa satu buah rumah yang ada di sampingnya.

“Kalau yang di Basirih hanya condong saja, belum roboh karena terhalang rumah di sampingnya,” jelas pria dengan sapaan Jack itu.

Ia menambahkan, agar tidak menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan, paling lambat nanti malam batang pohon tersebut akan dibersihkan oleh petugas DLH.

“Kita bekerjasama dengan instansi lain seperti BPBD dan PLN untuk menanggulangi hal ini, seperti pemangkasan dahan pohon yang berpotensi tumbang,” tuturnya.

Oleh karena itu, Jack menghimbau kepada masyarakat agar menghindari pohon pohon besar ketika terjadi cuaca buruk.

“Hindari berteduh di bawah pohon, kita tidak bisa memastikan pohon yang jadi tempat kita berteduh itu aman,” pungkasnya.(Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya