Gajih Guru Honorer 2021 Dinaikkan Rp 200 Ribu Perbulan

Banjarmasin, KP – , Kabar gembira bagi guru honorer mulai dari PAUD , SDN dan SMPN di Banjarmasin. Pasalnya karena usulan kenaikan gajih untuk tenaga pendidik bukan aparatur sipil negara (ASN) ini disetujui Badan Anggaran DPRD Banjarmasin.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin dalam KUA/PPAS tahun 2021 mengusulkan kenaikan anggaran untuk tunjangan tambahan guru honorer sebesar Rp 200 ribu perbulan.

“Alhamdulillah usulan kenaikan tunjangan guru honorer sebesar Rp 200 ribu perbulan ini diakomodir dewan,” ucap Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Totok Agus Daryanto

Hal itu disampaikannya kepada wartawan, disela mendampingi kunjungan komisi IV DPRD Kota Banjarmasin ke SMPN 7 untuk memantau uji coba pembelajaran tatap muka langsung , meski dengan menerapkan protokoler kesehatan ketat di tengah masih mengancamnya wabah virus corona (Covid-19), Rabu (18/11)2020).

Totok Agus Daryanto menyebutkan, untuk kenaikan tunjangan tersebut, pihaknya menyiapjan anggaran tahun 2021 sebesar Rp 2,6 miliar untuk peningkatan kesejahteraan guru honorer yang saat ini jumlahnya mencapai 2 ribu orang.

Totok mengakui, di tengah masih belum mampunya dalam mengatasi masalah kekurangan guru tentunya peran guru honorer sangat membantu dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

Berita Lainnya
1 dari 1.824

“Walaupun tenaga guru honor ini masih menerima gajih di di bawah UMP yaitu berkisar Rp 1,5 juta perbulan. namun dengan keterbatasan anggaran kita terus berupaya meningkatkan kesejahteraan mereka,” ujarnya.

Ditanya bagaimana dengan gajih guru honorer K2. Totok menegaskan pihaknya tetap berusaha agar kesejahteraan mereka bisa ditingkatkan.

“Untuk K2 kita lihat dulu aturannya. Yang pasti mereka tetap kita akomodir,” katanya menambahkan.

Dijelaskan guru honor K2 adalah tenaga guru yang gajih mereka tidak dibebankan kepada APBN atau APBD, namun atas kebijakan pihak sekolah sebagai salah satu solusi mengatasi kekurangan tenaga guru.

Secara terpisah Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, HM Yamin membenarkan disetujui usulan kenaikan gajih untuk guru honor K2 tersebut.

Menurutnya, persetujuan itu setelah Badan Anggran Dewan dengan TPAD Pemko dipimpin Plt Walikota Banjarmasin Hermansyah memfinalisasi pembahasan RAPBD tahun anggaran 2021 dilaksanakan hari Kamis (19/11/2020) kemarin. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya