Hari Pahlawan, Momen Mengingat Pengorbanan Jiwa Untuk Bangsa

Tanjung, KP – Hari Pahlawan tidak hanya diingat setiap tanggal 10 Nopember, namun mestinya lebih dari itu, yaitu menjadi moment untuk mengingat kembali perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu, diungkapkan Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, saat memberikan sambutan di acara pergelarang upacara peringatan Hari Pahlawan Ke-75 Tahun 2020 belum lama tadi di Halaman Pendopo Bersinar Pembataan Tanjung.

Menurut Anang dalam sambutannya yang membacakan teks sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari P. Batu Bara mengatakan, memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember 2020 dengan khidmat, meskipun di tengah masa pandemi Coronavirus Desiase 2019 (Covid-19) ini dan tentunya dengan jumlah peserta yang terbatas dan disesuaikan dengan protokol kesehatan. “Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan NKRI.” Ujarnya.

“Jasa para pejuang ini perlu terus dikenang sepanjang masa oleh kita semua, sebagaimanA tema Hari Pahlawan Tahun 2020 yaitu,” Pahlawanku Sepanjang Masa,” pesan Anang.

Berita Lainnya
1 dari 198

Dalam kesempatan itu Bupati H.Anang Syakhfiani, mengajak, semua peserta upacara untuk secara khusus memanjatkan do,a kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. “Semoga para anggota veteran pejuang, janda veteran, keluarga pahlawan selalu dianugerahi kesehatan, dipanjangkan umur dan selalu dibawah lindungan Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya.

Upacara Peringatan hari pahlawan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya mengingat situasi dan kondisi wabah Corona Virus Desease (Covid-19) sehingga peserta upacarapun dibatasi dan harus menerapkan protokol kesehatan.

Bertidak sebagai Insfektur Upacara Bupati Tabalong, H.Anang Syakhfiani, Perwira Upacara Kapten Inf Fendri Riyanto dari Kodim 1008/Tanjung, Komandan Upacara Kapten Arm Rikin juga dari Kodim 1008/Tanjung.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, bersama Wakil Bupati (Wabup) Tabalong Drs H Mawardi M.Si, didampingi unsur Forkopimda menyerahkan santunan berupa sembako, dan sejumlah dana kepada puluhan janda veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia, sebagai bentuk rasa cinta terhadap jasa-jasa pahlawan dan pejuang. Acara juga dilanjut dengan menziarahi makam pahlawan setempat. (ros/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya