Manunggal Tuntung Pandang Kembali Digelar Dengan Protokol Kesehatan

Pelaihari, KP – Kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) yang semestinya digelar selama 26 kali dalam satu tahun, sempat tertunda semenjak ditetapkannya status tanggap darurat Covid-19 di Kabupaten Tanah Laut (Tala) sejak bulan maret lalu. Namun, kini MTP kembali digelar di Desa Bingkulu Kecamatan Tambang Ulang, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Digelarnya kembali MTP ditahun ini karena penularan Covid-19 di Tala sudah terkendali. Hal itu terlihat dari tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Tala yang mencapai 94 persen.

“Dari kurang lebih 1.163 orang yang pernah terpapar Covid-19. 94 persen sudah dinyatakan sembuh,” terang Bupati Tala HM Sukamta dalam sambutannya.

Lebih lanjut, pencapaian tersebut seiring dengan usaha Pemerintah Kabupaten Tala yang selalu mengupayakan pelayanan kesehatan untuk para pasien Covid-19. Menurut Sukamta, pasien yang dirawat di fasilitas pelayanan khusus (fasyansus) bukan hanya untuk menyembuhkan Covid-19 saja, tapi juga menyembuhkan penyakit bawaan lainnya.

Berita Lainnya
1 dari 273

Ia pun meminta masyarakat agar tak perlu takut untuk melakukan rapid test maupun swab test. Sebab Pemerintah Kabupaten Tala akan memberikan pelayanan kesehatan gratis jika ada masyarakat yang terkonfirmasi positif. Sukamta pun membandingkan antara pasien yang melakukan isolasi mandiri dengan isolasi di fasyansus. Menurutnya isolasi di fasyansus lebih cepat menyembuhkan Covid-19 daripada isolasi mandiri di rumah masing-masing, karena asupan makanan yang diberikan di fasyansus sudah terjamin gizi nya.

“Kalau mau isolasi mandiri di rumah boleh, tapi lebih enak isolasi di fasyansus karena makanannya terjamin. Setiap makanan ada hitung-hitungannya oleh ahli gizi,” jelas Kamta.

Meski kembali dilaksanakan, MTP tetap mengutamakan protokol kesehatan demi memberikan pelayanan yang aman kepada masyarakat. Tak berbeda dengan MTP sebelumnya, pada MTP di Desa Bingkulu kali ini juga dilaksanakan pelayanan data kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta pasar murah oleh Dinas Koperasi dan Perindustrian Tala.

Turut berhadir Ketua Tim Penggerak PKK Tala Hj. Nurul Hikmah Sukamta, Ketua Gabungan Organisasi Wanita Tala Yati Oktoviana, Ketua Pengadilan Agama Rahmat Hidayat, Camat Tambang Ulang Ade Gumilar, Kepala Cabang Bank Kalsel Anwari dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Tambang Ulang. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya