Panen Ikan, Bupati Sarankan Pokdakan Pikirkan Pemasaran

Kandangan, KP – Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Sumber Rezeki Desa Tanah Bangkang, Kecamatan Sungai Raya, Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mulai memanen ikan patin hasil budidaya anggotanya sekitar 5 bulan lalu.

Dilakukan panen perdana oleh Bupati HSS Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, Kamis (26/11/2020).

Pada kesempatan itu, sekaligus dilakukan pula tebar benih ikan nila.

Pokdakan Sumber Rejeki memiliki 22 buah jala keramba, yang merupakan bantuan Dinas Perikanan Kabupaten HSS. Hasil kegiatan budidaya ikan di sana, tiap 1 kolam keramba jala itu dapat menghasilkan rata-rata 125 kilogram, dengan ukuran mencapai 500 gram per ekor ikan.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, pemerintah terus mendorong agar masyarakat punya ketahanan pangan, berupa ketersediaan beras, sayur-mayur dan ikan.

Menurutnya di Desa Tanah Bangkang cukup memungkinkan untuk terwujudnya ketahanan pangan. Sebab bisa dilakukan pertanian, perkebunan, bahkan budidaya ikan karena sungainya tidak pernah kering.

Berita Lainnya
1 dari 503

“Bersyukurlah kita diberikan oleh Allah SWT kekayaan alam ini,” tutur Achmad Fikry.

Achmad Fikry berpesan, Pokdakan Sumber Rezeki perlu memikirkan terkait pemasaran. Menurutnya, dengan pasar yang jelas maka tiap kali panen akan mudah menjualnya.

“Saya berharap Pokdakan Sumber Rezeki punya jaringan untuk memasarkan ikan, dan perlu juga membandingkan harga di lain untuk mendapatkan harga yang lebih baik,” imbaunya.

Untuk mengatasi terkait permasalahan modal, Bupati Achmad Fikry menyarankan, Pokdakan Sumber Rezeki mengajukan biaya permodalan kepada perbankan, berupa kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga yang cukup rendah.

“KUR ini banyak yang belum terserap dananya, KUR ini khusus diberikan untuk petani dan tidak banyak agunannya,” terang Achmad Fikry.

Kegiatan di lokasi budi daya ikan Pokdakan Sumber Rezeki Desa Tanah Bangkang itu, turut dihadiri Kepala Dinas Perikanan Saidinoor, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Susilo Adianto yang juga sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Camat Sungai Raya. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya