Pemko Promosikan Produk Unggulan Daerah di Jogyakarta

Banjarmasin, KP – Pemko Banjarmasin kembali mempromosikan produk unggulan kota berjuluk seribu sungai ke tingkat nasional.

Melalui ajang Jogya Trade Expo, beberapa produk khas Bumi Kayuh Baimbai diperkenalkan di kota tersebut. Salah satunya adalah kain sasirangan khas Kota Banjarmasin.

Kegiatan yang dihelat di Malioboro Mall, Kota Jogyakarta itu, juga dimanfaatkan pemerintah kota ini untuk mempromosikan pariwisata dan kemudahan berinvestasi.

Menurut Plt Walikota Banjarmasin, H Hermansyah, keikutsertaan dalam ajang pameran tersebut merupakan upaya pemerintah daerah untuk memperkenalkan produk khas Kota Banjarmasin kepada para konsumen, tak hanya yang ada di dalam negeri, tetapi juga untuk konsumen yang berada di luar negeri. “Kegiatan ini sebagai upaya kita untuk memperkenalkan produk khas daerah untuk konsumen dari dalam dan luar negeri,” ujarnya.

Ia berharap, dengan mengikuti kegiatan tersebut, selain dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, nantinya juga bisa dijadikan modal para pengusaha lokal untuk mengembangkan produk khas mereka, hingga bisa menembus pasar luar negeri.

Sementara itu, Kadis Perindag DI Yogyakarta, Ir Aris Riyanta mengatakan, dengan adanya pameran produk kerjainan ini, rata-rata persentasi nilai ekspor yang telah dicapai sampai Bulan September lalu sekira 75 persen. Angka ini, lanjutnya, hampir sama dengan nilai ekspor produk kerajinan tahun lalu

Berita Lainnya
1 dari 1.827

Ia berharap, dengan adanya kegiatan pameran diakhir tahun ini, nantinya akan menambah nilai persentasi ekspor produk kerajinan. “Jangan sampai bapak ibu yang datang ke Jogjakarta ini tidak menambah kenalannya tapi harus bertukar kartu nama untuk menambah persaudaraan kita. Dengan begitu mudah-mudahan produk-produk yang telah dipamerkan ini akan lebih laku lagi,” ujarya, saat membuka kegiatan pameran tersebut.

Dari informasi terhimpun, kegiatan pameran tersebut dilaksanakan Pemerintah Daerah Instimewa Jogyakarta yang bekerjasama dengan PT Aira Mitra media.

Pameran produk unggulan daerah berskala nasional itu dilaksanakan dari tanggal 12 hinga 15 November 2020.

Firdaus dari PTSP Kota Banjarmasin mengatakan, penjualan produk kerajinan lokal Kota Banjarmasin dalam kegiatan pameran tersebut membantu para pengusaha lokal dalam mempromosikan produknya.

Bahkan, jelasnya, baru satu hari mengikuti kegiatan tersebut, sudah beberapa produk dengan nilai per itemnya ratusan ribu laku terjual. “Baru satu hari ikut pamaeran, sudah beeberapa produk laku, seperti tas motif sasirangan dan beberapa produk lainnya,” katanya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten 3 Bidang Bidang Administrasi Umum, Setda Kota Banjarmasin, Ahmad Nor Djaya, Kadis Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarmasin, Muryanta, dan Kabag Ekonomi Setda Kota Banjarmasin. (Dokpim/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya