Perbaikan Jalan Rusak Parah Diminta Skala Prioritas

Banjarmasin KP – Anggota Komisi III DPRD Kota Banjarmasin Zainal Hakim meminta, agar pihak Pemko melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) memprioritaskan perbaikkan terhadap jalan dengan kondisi rusak parah.

“Bukan sebaliknya, jalan masih mulus yang malah diperbaiki. Itu namanya mubazir dan anggaran yang dialokasikan tidak tepat sasaran,” kata Zanal Hakim.

Kepada { KP} Jumat (27/11)2020) ia mengatakan, pemeliharaan dan perbaikan jalan harus diprogramkan setiap tahun, mengingat akibat berbagai faktor dipastikan selalu ada jalan mengalami kerusakan.

” Baik disebabkan karena faktor alam, sering dilalui angkutan berat hingga tidak adanya saluran pembuangan air atau drainese sehingga membuat jalan cepat mengalami kerusakan,” ujar anggota komisi membidangi masalah pembangunan ini.

Berita Lainnya

Waspada, Banjarmasin Kini Musim Ular Kawin

Machli Bantah Rendahnya Vaksinasi Guru

1 dari 2.927

Sebelumnya ia mengakui, dengan keterbatasan anggaran tidak mungkin kerusakan jalan tersebut diperbaiki sekaligus, sehingga harus berdasarkan skala prioritas.

Diungkapkan, dari rapat kerja dengar pendapat komisi III dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Banjarmasin secara umum kondisi jalan di ibu kota Provinsi Kalsel ini 75 persen dikatagorikan dalam kondisi baik.

” Sementara 25 persen masih menuntut perhatian karena mengalami kerusakan ringan dan berat,” kata anggota dewan dari F-PKB ini.

Zainal Hakim mengemukakan, seluruh jalan di Kota Banjarmasin menurut data sepanjang 751,81 Km. Dari total seluruh jalan itu ujarnya, 254,13 Km dinyatakan dalam kondisi baik, 359,95 Km sedang, 128 Km rusak ringan dan hanya 9,21 Km yang diklaim dalam kondisi rusak berat.

Disebutkan umumnya kerusakan jalan baik ringan dan berat itu adalah jalan lingkungan . ” Laporan kerusakan jalan lingkungan ini setidak dikeluhkan warga pada setiap anggota dewan melaksanakan kegiatan reses,” kata Zainal Hakim. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya