Pilkda 2020 Balangan, 1.066 Personel Linmas Siap Disebar Jaga TPS  

Paringin, KP – Sebanyak 1.066 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kabupaten Balangan ikut dilibatkan untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada 2020, agar berjalan dengan tertib lancar di kabupaten ini.

Kasatpol PP Balangan, Rahmadi Yusni menyampaikan, bahwa tugas pokok dan fungsi linmas merupakan salah satu unsur pelaksana dalam pengamanan kegiatan. Untuk lebih profesional melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam pengamanan Pilkada 2020, linmas juga mendapatkan pelatihan dari polisi.

“Kami serahkan kepada kapolres untuk diadakan pembinaan dan pelatihan seperlunya agar dapat tepat guna dalam pelaksanaan tugasnya nantinya,” katanya saat penyerahan Satlinmas kepada Polres Balangan guna pengamanan pelaksanaan Pilkada 2020 di halaman kantor Bupati, Kamis (26/11) kemarin.

KAPOLRES BALANGAN – AKBP Nur Khamid Tanda tangani berita acara penyerahan anggota Satlinmas dari Pemkab Balangan kepada Polres Balangan. (KP/Ist)

Rahmadi menambahkan Pilkada 2020 ini adalah Pilkada secara serentak dilaksanakan. Dalam pembinaan linmas itu juga melibatkan Polresta Balangan, sebab delapan kecamatan di wilayah kabupaten masuk wilayah hukum Polresta Balangan.

Dirinya berharap, dengan pengamanan yang juga melibatkan linmas nantinya pelaksanaan Pilkada bisa berlangsung dengan tertib dan lancar.

“Untuk itu Pilkada 2020 di Kabupaten Balangan khususnya dan secara nasional harus sukses, baik sukses pelaksanaan, sukses kehadiran pemilih di TPS dan sukses capaian coblosan,” kata dia.

Berita Lainnya
1 dari 466

Ditambahkannya, untuk Satlinmas ini telah dibekali beberapa pelatihan untuk melaksanakan tugas dan fungsi perlindungan masyarakat dengan sebaik-baiknya sehingga bermanfaat bagi bangsa dan negara.

“Kami (Satpol PP) sudah melakukan sosialisasi pada setiap kecamatan dan sudah diberikan informasi cara penyelenggaraan dari KPU yang baik dan mereka sudah dibekali tata cara pengamanan TPS,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, pelatihan dari KPU dan Satpol PP pun sudah dilakukan sejak awal September untuk pembekalan bagi anggota Satlinmas ini.

“Jadi mereka ini akan membantu petugas dari Polri dan TNI untuk mengamankan Pilkada 2020. Dan mereka ini akan dsebarkan ke sejumlah TPS yang ada di Balangan,” imbuhnya.

Sementara, Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid mengungkapkan, peran para linmas ini tidak sendirian dalam menjalankan tugasnya tapi dikawal oleh TNI dan Polres , selain itu dari Polda ,Brimob ,Satpol PP. BPBD.

“Setiap Linmas harus mengenal para pembimbingnya (dari Polres Balangan ) agar kalau ada permasalahan yang menyangkut keamanan bisa diatasi oleh polisi dan nantinya akan kita peragakan system pegamanan baik dari Polisi,Linmas, TNI,”ujarnya.

Ditambahkannya, di Balangan ada kurang lebih 333 TPS jadi dari 1.066 personel satlinmas.ini akan diseberkan ke sejumlah TPS yang tersebar di 157 desa di 8 kecamatan.

Diketahui, jumlah DPT pada Pilkada serentak 9 Desember mendatang DPT Balangan mencapai 91.198 pemilih. Dari jumlah itu, untuk jumlah pemilih perempuan, kurang lebih sebanyak 45.682 dan pemilih laki-laki 45.516 dari 8 kecamatan 157 desa dengan 333 Tempat Pemungutan Suara (TPS). (jun/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya