Rajutan Estri, Bertahan Meski Masa Pandemi

Berita Lainnya
1 dari 192

Tanjung, KP – Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), tidak semua terdampak turun, terbukti usaha rajutan handmade Estri Kuwarini masih tetap produksi untuk melayani pesanan hingga ke luar pulau kalimantan.
Sambil membawa rajutan dua buah tas cantik dan sepatu sendal rajutan berwarna krem, Ibu Estri Kawarini, Rabu (18/11) siang itu hadir di ruang Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Tabalong beralamat di Jalan Jaksa Agung Tanjung Tabalong Kalimantan Selatan.
Warga yang tinggal Komplek Pertamina (Komperta) Jalan Cempaka Murung Pudak ini adalah pengusaha dari UMKM Owner Rajutan Estri yang pasarannya sudah menasional meski dalam jumlah yang sangat terbatas, “UMKM produk saya adalah tas rajut, sepatu rajut, tas rajut, kopiah rajut, gantungan kunci, teplak meja, apa saja kreasi rajutan, insya Alloh bisa saya kerjakan,” ujar Estri.
Terdampak wabah Covid-19, awalnya sempat mengalami sepi pesanan, namun dengan mendapat Bantuan Presiden (Banpres) tahap awal sebesar Rp2,4 juta dan terus mendapat motivasi dari Dinas Koperasi setempat bakat bawaan orang tua tersebut kembali semangat dikerjakan.
Adapun omzet memang tidak menentu, pendapatanpun pariatif tergantung pesanan dan tenaga yang merajut, terkadang bisa saja mencapai angkat Rp1 juta lebih perbulan.
Hingga saat ini, rajutan produksi Isteri ini sudah mengirimi pesanan, hingga Lampung, Jakarta, Bekasi, Bandung, Cilacap, Samarinda, Kota Baru, Tanah Laut dengan pasaran lewat media sosial (Medsos) Facebook, instagram dan WA meski saat ini sedang terjadi wabah Covid-19.
Selain pasaran luar Tabalong, Estri juga telah memajang produk miliknya di beberapa tempat di wlayahnya, antara lain di Pusat Oleh-Oleh Tabalong (Pokta) Tabalong, di beberapa galeri, serta di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Tabalong. (ros/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya