Sebelum Operasi Katarak Pasien dan Tenaga Medis Di Tes Swab

OPERASI KATARAK. (KP/Ist)

Amuntai, KP – Meski tetap fokus melakukan pencegahan wabah virus Covid 19, bukan berarti penyakit lainnya tetap diperhatikan dan dilakukan penangananan. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dengan melakukan operasi katarak gratis.

Pelayanan operasi gratis terhadap penderita pasien katarak dilaksananakan, oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) HSU yang diikuti sebanyak 36 pasien penderita katarak belum lama tadi.

Kegiatan bhakti sosial tersebut dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 56, dengan memberikan pelayanan kesehatan berupa operai katarak gratis. Pelaksanaan operasi mata gratis tersebut di lakasanaka di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pembalah Batung Amuntai.

Kepala Dinkes HSU dr. H. Agus Fidliansyah dalam wawancaranya mengatakan, Kegiatan operasi katarak gratis dilaksanakan selama dua hari dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat dengan jumlah pasien sebanyak 36 orang.

Menurut Agus juga meskipun saat ini di tengah pandemi wabah Covid – 19 yang menjadi titik fokus semua orang, akan tetapi masalah kesehatan lainnya juga jangan diabaikan. Oleh karenba itu maka dari itu penyakit lainya harus di perhatikan seperti operasi katarak ini juga kita berikan pelayanan kesehatan ini.

Berita Lainnya

HSU Raih Opini WTP 5 Kali Berturut-turut

1 dari 246

“Ini buktinya kami jajaran kesehatan dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten/kota kompak satukan tekat meskipun di tengah pandemi pelayanan kesehatan lainnya harus dilaksanakan, dengan tetap standar protokol kesehatan”, ungkapnya.

Kegiatan operasi katarak pada tahun ini dilaksanakan berbeda dari tahun sebelumnya, dimana meraka para pasien operasi katarak diwajibakan mengikuti serangkaian tahapan pemeriksaan medis dan protokol kesehatan seperti melakukan swab.

“Pasien operasi katarak harus dilakukan skrining, dulu kita hanya memeriksa kondisi pasien baik secara umum seperti tidak menderita diabetes, kencing manis, tidak hipertensi dan katarak nya siap untuk di operasi, tapi di tahun ini para pasien harus melakukan swab sebelum melaksanakan operasi katarak” terang Kadinkes.

Sementara itu, Direktur RSUD Pambah Batung dr. M Yandi Friyandi mengatakan di tengah wabah pandemi Covid 19 ini pihaknya selalu waspada, dimana para petugas kesehatan yang melakukan operasi besar ataupun kecil wajib melakukan swab sebelum melakukan operasi guna memastikan rasa aman.

“Alhamdulliah semua petugas kesehatan yang melakukan operasi katarak ini dinyatakan negatif”, ungkap Yandi. (nov/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya