Setelah 8 Bulan Stop Angkutan AKAP Mulai Beroperasi

Lebih praktis beli tiket lewat online, tak hanya efisien, kita juga terhindar dari tempat keramaian atau kerumunan orang banyak. Selain itu, sesuai ketentuan dari pusat, jumlah penumpang bus harus 50 persen lebih sedikit dari jumlah seat, duduk harus berjarak dan wajib mengenakan masker,” ucap Rusma.

Banjarmasin, KP – Setelah sempat terhenti sekitar 8 bulan lamanya pasca pandemi Covid-19, geliat angkutan umum di terminal Kilometer (Km) 6 Banjarmasin mulai terlihat lagi, khususnya bis jurusan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Meski begitu, belum terlihat penumpukan penumpang bus AKAP di terminal Km 6 untuk jurusan ke kota-kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Menurut Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Terminal Tipe B Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Rusma Khazairin, bila angkutan AKAP sudah mulai jalan sejak beberapa hari yang lalu.

“Bus AKAP sudah mulai beroperasi dari tanggal 1 Nopember kemarin. Beberapa hari ini, bus ngetem sebentar saja di terminal, lalu berangkat. Mungkin, karena jumlah penumpangnya belum begitu banyak,” ujarnya saat dihubungi Kalimantan Post, Sabtu (7/11).

Ia mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menganjurkan pembelian tiket harus melalui online. Selain lebih hemat waktu dan tenaga, calon penumpang pun dirasa lebih aman di tengah gencarnya pemerintah memberi imbauan protokol kesehatan Covid-19.

Berita Lainnya
1 dari 515

“Lebih praktis beli tiket lewat online, tak hanya efisien, kita juga terhindar dari tempat keramaian atau kerumunan orang banyak. Selain itu, sesuai ketentuan dari pusat, jumlah penumpang bus harus 50 persen lebih sedikit dari jumlah seat, duduk harus berjarak dan wajib mengenakan masker,” ucap Rusma.

Dengan jumlah penumpang tersebut pihak perusahaan menetapkan Non AC Rp 175 Ribu dan AC Toilet Rp 235 Ribu.

Sementara, Iwan, salah seorang penjaga loket tiket PO Pulau Indah Jaya, PO Samarinda Lestari dan PO Bintang Mas menuturkan, bahwa masyarakat masih banyak yang belum mengetahui, jika angkutan bus AKAP ke Kaltim sudah mulai melayani penumpang lagi.

“Kita mulai beroperasi tanggal 1 Nopember tadi. Sementara ini, dalam sehari ada 2 buah bus yang berangkat. Penumpang masih banyak yang belum mengetahui bila angkutan AKAP sudah mulai melayani penumpang,” jelas Iwan.

Namun, sambungnya, hari ini penumpang cukup banyak, sehingga pihaknya harus menambah 1 armada bus lagi.

“Hari ini ada rombongan yang ke Kaltim, makanya kita menambah 1 bus lagi. Jadi ada 3 bus yang berangkat hari ini. Tadi Bus berangkat pada pukul 14.00 wita, 15.00 wita dan terakhir nanti pukul 17.30,” pungkasnya. (opq/k-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya