Terapkan Prokes Covid-19, ASKS Ke-17 Kalsel Digelar Virtual

Tanjung, KP – Mengingat Pandemik Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) belum berakhir dan masih menunjukan angka tinggi, maka pergelaran Aruh Sastra Kalimantan Selatan (Kalsel) (ASKS) ke-XVII Tahun 2020 dilakukan secara virtual dengan Kabupaten Tabalong sebagai tuan rumah.

Kegiatan secara resmi dimulai ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati (Wabup) Tabalong Drs H Mawardi M.Si, belum lama tadi terpusat di Pendopo Bersinar Pembataan secara virtual dan dihadiri oleh udangan terbatas.

Dalam kesempatan itu, Wabup Tabalong, H Mawardi mengatakan kegiatan ini digelar lebih banyak secara virtual dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan Covid-19.

Berita Lainnya
1 dari 194

“Beberapa acara seperti pembacaan puisi berbahasa Banjar, Iomba membuat puisi berbahasa Banjar, gelar sastra Banjar, rembug, Iomba membuat cerita rakyat Kalsel dan Iainnya digelar secara virtual melalui TV lokal dan live streaming,” sebut Mawardi.

Diungkapkannya, saat ini perkembangan seni budaya di Kalsel dapat dirasakan cukup mengesankan, itu tampak dari maraknya karya sastra ciptaan sastrawan Kalsel, baik dalam Bahasa Indonesia maupun bahasa daerah. “Kendati demikian upaya memperkuat kesenian, bahasa dan sastra daerah harus terus menerus kita Iakukan, jika kita semua tidak berupaya serius untuk menjaga budaya yang kita miliki dari terpaan derasnya arus global, niscaya akan menggerus akar budaya Iokal dan akan semakin melemahkan sendi-sendi kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Untuk memperkuat sekaligus meningkatkan apresiasi masyarakat di bidang seni, sastra dan budaya, maka sudah seharusnya digelar event-event aruh sastra seperti ini. “Saya nilai kegiatan ini sangat positif dan selaras dengan upaya kita untuk memperkuat filter menghadapi setiap perubahan akhir-akhir ini, kegiatan pastinya tidak hanya lomba-lomba, tapi berupa bentuk upaya sastrawan, budayawan untuk lebih memperkenalkan seni budaya untuk publik di Kalimantan Selatan,” demikian pungkas Mawardi dalam kegiatan yang diikuti virtual oleh para peserta di 13 kabupaten/kota se- Kalsel. (ros/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya