Total 42 Terkonfirmasi Positif, Rutan Kandangan Jadi Klaster Terbaru Covid-19

Kandangan, KP – Jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) kembali bertambah, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kandangan menjadi klaster terbaru Covid-19, dengan menyumbang total 42 kasus.

Hasil swab terbaru, sebanyak 39 warga binaan di dalam Rutan Kandangan positif Covid-19, yang terdiri 37 narapida dan 1 orang tahanan. Sebanyak 38 berjenis kelamin laki-laki, dan 1 orang perempuan.

Sebanyak 3 petugas Rutan Kandangan juga terkonfirmasi positif Covid-19, 2 orang dirawat di RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan, dan 1 orang mengikuti isolasi di tempat karantina khusus bangunan eks-RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan.

Kepala Rutan Kelas II B Kandangan Jeremia Leonta membenarkan adanya klaster baru Covid-19 di dalam Rutan Kandangan tersebut. “Memang ada klater terbaru di rutan kandangan , yang mana ini selalu kita waspadai, tapi pada kenyataannya jebol juga,” tuturnya, Selasa (24/11/2020) siang.

Jeremia mengatakan, seluruh warga binaan yang terkonfirmasi positif Covid-19 merupakan orang tanpa gejala (OTG). Saat ini, pihaknya menyediakan 3 kamar khusus untuk mengisolasi 39 orang warga binaan tersebut.

Pihaknya juga saat ini tidak menerima untuk sementara, tahanan dari Polres HSS untuk ditampung di Rutan Kandangan. Warga binaan yang hasil swabnya negatif Covid-19 juga dijaga, tidak boleh memasuki zona isolasi 3 buah kamar yang disiapkan itu.

Berita Lainnya
1 dari 1.059

“Situasi di dalam Rutan Kandangan saat ini tetap terkoordinasi aman, tentram dan sentosa, tidak ada yang mencekam,” ujar Jeremia, saat dikonfirmasi di Rutan Kelas IIB Kandangan.

Pihaknya masih menganalisis dan memetakan sumber awal masuknya Covid-19 ke Rutan tersebut, dan hasilnya belum diketahui. “Masih kita petakan, apakah dari petugas kita, atau dari makanan titipan yang diberikan keluarga warga binaan,” ucapnya.

Sebelumnya, pihaknya memperketat pengawasan dengan tidak membuka kunjungan keluarga, namun tetap memperbolehkan makanan titipan dari keluarga. “Selanjutnya, untuk sementara makanan titipan ditiadakan,” tuturnya.

Pihaknya terus berupaya melakukan penanggulangan, dengan berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten HSS, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) termasuk Dinas Kesehatan HSS, dan Polres HSS.

Jeremia mengatakan, total warga binaan di dalam Rutan Kandangan saat ini sebanyak 259 orang. Ia berujar, kondisi Rutan Kandangan saat ini cukup kecil dengan hanya memiliki 13 kamar.

Protokol kesehatan tuturnya, terus diperketat sesuai standar yang ditetapkan Satgas Covid-19, serta didampingi perawat Rutan.

Perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten HSS saat ini, total terkonfirmasi positif sebanyak 549 kasus, sembuh 456. Masih merawat pasien Covid-19 sebanyak 58 orang, dan 3 orang suspek. (tor/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya