Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan Serahkan Buku Ke Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kota Banjarbaru

Banjarbaru, KP- Pjs Wali Kota Banjarbaru diwakili oleh Asisten Pemerintahan Fahrudin saat menghadiri Peringatan Ke 55 Hari Aksara Internasional (HAI) sekaligus Pencanangan Gerakan Indonesia Membaca (GIM) Tingkat Kota Banjarbaru Tahun 2020 di Aula Widyatama, Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Muhammad Aswan menyampaikan bahwa Hari Aksara Internasional diperingati setiap tanggal 08 September, dimana secara nasional sudah dilaksanakan secara daring.

“Pada masa covid-19 ini dapat mengancam dalam kehidupan kita sehari-hari, kerena itu kita dianjurkan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Harapannya agar kita bisa terhindar dari covid-19, untuk itu kita diminta melakukan aktivitas di rumah saja.” Ujar Muhammad Aswan

Saat ini di jelaskan Kadisdik Kota Banjarbaru bawah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan angka melek huruf untuk Kota Banjarbaru adalah yang tertinggi di Kalimantan Selatan, dan ini merupakan perwujudan nyata dari keseriusan program Pemerintah Kota Banjarbaru untuk menuntaskan buta aksara, dan ini didukung dengan kegiatan program Gerakan Indonesia Membaca. Karena itu Peringatan Ke 55 Hari Aksara Internasional (HAI) sekaligus Pencanangan Gerakan Indonesia Membaca (GIM) Tingkat Kota Banjarbaru Tahun 2020.

Berita Lainnya
1 dari 685

Dalam rangka peringatan HAI ke 55 juga dilaksanakan lomba cerdas cermat untuk warga Keaksaraan Fungsional (KF) dan lomba Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kreative dan Inovatif.

Asisten Pemerintahan Fahrudin menyampaikan bahwa momen peringatan tahun ini memiliki makna khusus semua pihak , karena kita memperingatinya dimana kita masih berada dalam suasana di tengah pandemi covid-19. Hal ini juga perlu dijadikan perhatian bagi semua, walaupun masih di tengah pandemi, namun hendaknya tidak mengurangi semangat untuk berkontribusi terhadap masyarakat, bangsa dan negara.

Dan pada hari ini juga dicanangkan Gerakan Indonesia Membaca sebagai salah satu upaya untuk mendukung penuntasan buta aksara dan untuk menumbuhkan minat baca di masyarakat, guna mendukung gerakan literasi masyarakat yang meliputi 6 literasi dasar yaitu literasi baca tulis, literasi numerik, sains, literasi finasial, literasi digital dan literasi budaya dan kewargaan.

Pada kesempatan itu Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan menyerahkan buku kepada 8 Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kota Banjarbaru secara simbolis. (dev/k-11)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya