Bertepatan Malam Jumat, Malam Tahun Baru THM Wajib Tutup

Pemko harus mengambil sikap tegas dan menjatuhkan sanksi jika ada yang buka

BANJARMASIN, KP – Ketua Komisi I DPRD Kota Banjarmasin Suyato SE MM mengatakan seluruh pengelola Tempat Hiburan Malam (THM) di Kota Banjarmasin wajib tutup atau tidak operasional saat menyambut malam tahun baru 2021.

Ia mengingatkan, selain untuk mencegah penyebaran pandemi virus corona (Covid-19), kebetulan malam pergantian tahun 2020 ke 2021 tahun ini bertepatan dengan malam Jumat (31/12).

“Berdasarkan ketentuan berlaku sebagaimana ditetapkan dalam Perda selain pada malam hari besar keagaam apabila malam Jumat, maka THM harus menutup operasionalnya. Nah kebetulan malam tahun baru tahun ini jatuh pada malam Jumat,” kata Suyato, kemarin (22/12).

Suyato mengatakan, apabila nantinya pada malam tahun baru ada yang berani buka operasional maka itu telah melanggar Perda dan pihak Pemko harus mengambil sikap tegas dan menjatuhkan sanksi.

Dikemukakan. larangan beroperasionalnya THM pada malam tahun baru ini sudah pernah dikeluarkan Pemko Banjarmasin melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga saat menyambut malam tahun baru 2016.

“Dalam menyambut malam tahun baru 2016 ketika itu kebetulan bertepatan dengan malam Jumat,” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 3.569

Ketua komisi membidangi pengawasan pemerintahan, hukum dan perizinan ini juga menyatakan, mengapresiasi kebijakan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina yang sudah melakukan pembatasan kegiatan masyarakat saat libur Natal dan Tahun Baru 2021 untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

Mengingat kasus Covid-19 di Banjarmasin ujarnya belum terus mengancam dan membayakan kesehatan masyarakat. Bahkan belum lalama ini ada dua kelurahan yang ditetapkan kembali zona merah.

“Sehingga menyadari ancaman wabah akibat virus Covid-19 ini,maka perlu diantisipasi dengan membatasi segala kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan,” tandas ketua komisi dari F-PDIP ini.

Sebelumnya Walikota Banjarmasin Ibnu Sina nengatakan, sesuai hasil rapat koordinasi Penanganan penyebaran Covid-19 di Kota Banjarmasin bersama Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, pihak kepolisian dan TNI, Rabu (16/12) lalu menghasilkan beberapa kesepakatan di antaranya, pembatasan kegiatan masyarakat yang mengumpulkan massa khususnya di wilayah zona merah.

Selanjutnya, kata Ibnu Sina, melakukan edukasi tanpa henti secara gabungan oleh Dinas Kesehatan, Satpol PP, Babinsa dan Babinkamtibmas di Kawasan Nol Kilometer dan Siring Menara Pandang setiap hari Minggu.

Selain itu, ujarnya, dilakukan penguatan koordinasi dan kerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk memastikan para awak kapal yang turun ke darat telah bebas dari COVID-19.

Tak hanya itu, Ibnu Sina mengingatkan, dalam waktu dekat memasuki libur Natal dan tahun baru 2021, di himbau empat hiburan malam, seperti diskotik, pub, cafe serta tempat olahraga biliar agar meminimalisir atau bahkan meniadakan perayaan saat libur Natal dan tahun baru.

“Bahkan sebagai upaya kita juga, hanya membolehkan rumah makan atau restoran dan kafe beroperasi hingga pukul 22.00 WITA, berlaku mulai tanggal 31 Desember 2020 sampai dengan 03 Januari 2021,” demikian kata Walikota Ibnu Sina. (nid/k-11)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya