Iklan
Iklan
Iklan
HEADLINE

Kalsel Siapkan 10 Ribu Antigen dan Karatina di Tahun Baru

×

Kalsel Siapkan 10 Ribu Antigen dan Karatina di Tahun Baru

Sebarkan artikel ini

BANJARMASIN, KP – Mengantisipasi terjadi kerumunan yang berujung timbulnya klaster baru covid pada pergantian tahun, Pemprov Kalsel menyiapkan 10 ribu Rapid test Antigen dan dua tempat karantina khusus Covid 19.

“Pemprov Kalsel sudah siapkan Rapid Antigen sebanyak 10 ribu pieces. Kerumunan massa apabila tidak mau dibubarkan, akan kita amankan, dan kita rapid di tempat, yang reaktif akan langsung di bawa ke Bapelkes atau Asrama Haji.

Android

Agar mereka paham dan tahu bahwa tindakan kita ini serius.
Satu sisi kita humanis, satu sisi kita tidak main-main.

Jangan sampai nanti selesai perayaan tahun baru ada klaster baru,” tegas Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto usai Apel gabungan pengamanan pergantian tahun 2020 ke 2021, di Jalan Jenderal Sudirman depan siring Masjid Sahbilal Muhtadin, Banjarmasin, Rabu (30/12/2020).

Rikwanto menegaskan agar pada malam pergantian tahun nanti tidak ada kegiatan yang dilakukan masyarakat.

“Kawasan siring di tutup, agar tidak menjadi tempat berkumpul.
Tidak ada kegiatan kumpul-kumpul pada saat malam tahun baru,” ujar Rikwanto.

Ia menjelaskan, dalam pengamanan malam tahun baru tersebut, satgas Covid-19 juga ikut turun untuk membackup.

Sementara Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor mengimbau agar seluruh masyarakat Kalsel menyambut tahun baru 2021 hanya menggelar kegiatan sederhana.

“Saya mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya terhadap TNI, Polri dan masyrakat yang sudah mengamankan perayaan Natal di Kalsel yang berlangsung aman, damai dan lancar. Kerena tanpa peran dari semua pihak, tentu saja semua itu akan sulit kita wujudkan.

Sedangkan menjelang Tahun Baru 2021 yang sebentar lagi kita hadapi, diimbau kepada seluruh masyarakat jangan ada yang membuat kerumunan, sebab kita masih dimasa pandemi Covid-19, dan mari kita berkegiatan secara terukur.

Merayakan di rumah saja untuk menghindari kerumunan orang banyak,” kata Paman Birin, panggilan akrabnya.

Sedangkan Danrem 101 Antasari, Brigjen TNI Firmansyah melaporkan untuk pengamanan malam tahun baru 2021 pihaknya akan menurunkan sebanyak 680 personel.

“Untuk batalyon 621 kita hari ini mempersiapkan 300 orang untuk siaga. Kemudian ada sekitar 100 orang disini gabungan Denzipur 8 dengan forum 623. Kemudian masing-masing Kodim juga menyiapkan minimal satu pleton.

Jadi total keseluruhan ada sekitar 680 anggota yang kita siapkan,” jelasnya.
Usai melaksanakan apel gabungan, Tim gabungan tersebut langsung menggelar patroli besar-besaran, yang di lepas langsung Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor. (*/K-2)

Iklan
Iklan