Masyarakat Desa Sabuhur Kenalkan Destinasi Wisata Baru

Pelaihari, KP – Tidak hanya mempunyai gunung dan pantai saja Tanah Laut (Tala) juga mempunyai wisata alam yang tergolong baru yaitu wisata susur sungai Muara Sabuhur yang terletak di Desa Sabuhur Kecamatan Jorong, Bupati Tala HM Sukamta pun bekesempatan untuk mencoba wisata susur sungai pada hari Sabtu (12/12/2020).

Perjalanan wisata susur sungai ditempuh 1,5 jam dengan jarak sejauh 15 km, tidak hanya memanjakan mata dengan melihat hijaunya pepohonan dan hutan bakau, disana juga terdapat satwa yang menjadi ciri khas Kalimantan Selatan (Kalsel) jika beruntung untuk melihatnya yaitu bekantan, selain bekantan disana juga terdapat hewan lain seperti buaya muara dan berang-berang.

Bupati juga mengundang Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Kalsel untuk melihat langsung potensi wisata alam yang dimiliki warga Desa Sabuhur tersebut.

“Nanti mereka ditahun 2021 yang akan mengenalkan ke nasional bahkan sampai ke mancanegara,” ucap bupati.

Berita Lainnya
1 dari 486

Bupati juga menambahkan untuk fasilitas umum belum bisa dibangun dikarenakan wisata susur sungai tersebut masuk dalam kawasan Suaka Margasatwa Pelaihari.

“Memang untuk pembangunan fasilitas belum bisa dikarenakan masuk dalam kawasan dilindungi, tapi lihat nanti kalo memang sampai ke internasional bisa dipikirkan kembali,” tuturnya.

Zaini salah satu pengemudi parahu mengungkapkan dengan adanya wisata susur sungai ini pendapatannya kian bertambah dengan harapan wisata susur sungai semakin dikenal oleh masyarakat luar dan kalo bisa sampai ke mancanegara. “Alhamdulillah pendapatan semakin bertambah apalagi ditengah wabah Covid-19 yang masih melanda,” ucapnya.

Tarif untuk wisata susur sungai yaitu Rp 350 ribu untuk 8-10 penumpang, selain wisata susur sungai juga ada wisata memancing yang dikenakan tarif Rp 250 ribu Wisata susur sungai ini sudah terbuka untuk umum, dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan. Jika ingin menikmati wisata ini bisa menghubungi pihak pengelola Rusmani dengan kontak 085348545370. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya